Detail Cantuman

Image of PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGOSOK GIGI
MENGGUNAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DAN
METODE CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN PHANTOM
TERHADAP PENGETAHUAN & KETERAMPILAN PADA
SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN
(Studi Kepustakaan)

Tugas Akhir DIII

PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGOSOK GIGI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DAN METODE CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN PHANTOM TERHADAP PENGETAHUAN & KETERAMPILAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN (Studi Kepustakaan)

XML

INTISARI
Meylinda, S, R., 2020. “Perbedaan Penyuluhan Menggosok Gigi Menggunakan
Media Buku Bergambar Dan Metode Ceramah Dengan Menggunakan
Phantom Terhadap Pengetahuan & Keterampilan Pada Siswa Sekolah
Dasar”. Karya Tulis Ilmiah. Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan
Kemenkes Semarang. Pembimbing : (I) Erni Mardiati, S.KM, M.Kes (Epid) (II)
Sariyem, S.SiT, M.Kes.
Kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu masalah kesehatan yang
memerlukan penanganan secara komprehensif. Salah satu upaya meningkatkan
keterampilan menggosok gigi anak melalui penyuluhan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan tentang kebersihan gigi dan
mulut melalui media buku bergambar dan metode ceramah menggunakan
phantom terhadap tingkat pengetahuan dan keterampilan menggosok gigi pada
siswa SD.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi
Kepustakaan (Library Research). Studi pustaka adalah melakukan studi dengan
mengumpulkan berbagai referensi seperti jurnal, textbook, hasil penelitian, dan
data sekunder lainnya. Teknik pengumpulan data dengan cara mensintesa,
mengkritisi, menyimpulkan dari jurnal atau artikel penelitian. Studi kepustakaan ini
mengumpulkan data dan informasi dari 14 jurnal.
Penelitian yang telah diperoleh dari kelompok eksperimen (p = value
0,000) menunjukkan ada perubahan antara skor pengetahuan dan skor praktek
sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media buku
bergambar, penelitian lainnya didapatkan dengan nilai p > 0,05 menunjukkan
terdapat perbedaan yang signifikan antara media audiovisual dan metode
simulasi. Kesimpulan dari penelitian adalah pengaruh media ceramah phantom
lebih tinggi daripada media buku bergambar dalam mempersepsikan
pengetahuan dan keterampilan menggosok gigi. Saran diharapkan penelitian ini
dapat diaplikasikan kepada siswa agar dapat menjaga kebrsihan gigi dan
mulutnya.
Kata Kunci : Penyuluhan, Media Buku Bergambar, Metode Ceramah Phantom


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Erni Mardiati, SKM, M.Kes (Epid) & Sariyem, S.Si.T, M.Kes
Pengarang
MEYLINDA SETYO RINI - Pengarang Utama
NIM
P1337425117048
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
viii + 35 hlm.; Bibl.; Ilus.; 29cm
Dilihat sebanyak
984
Penerbit PRODI D3 KEPERAWATAN GIGI : Poltekkes Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
MEYLINDA SETYO RINI. (2020).PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGOSOK GIGI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DAN METODE CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN PHANTOM TERHADAP PENGETAHUAN & KETERAMPILAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN (Studi Kepustakaan)().Poltekkes Semarang:PRODI D3 KEPERAWATAN GIGI

MEYLINDA SETYO RINI.PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGOSOK GIGI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DAN METODE CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN PHANTOM TERHADAP PENGETAHUAN & KETERAMPILAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN (Studi Kepustakaan)().Poltekkes Semarang:PRODI D3 KEPERAWATAN GIGI,2020.Tugas Akhir DIII

MEYLINDA SETYO RINI.PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGOSOK GIGI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DAN METODE CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN PHANTOM TERHADAP PENGETAHUAN & KETERAMPILAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN (Studi Kepustakaan)().Poltekkes Semarang:PRODI D3 KEPERAWATAN GIGI,2020.Tugas Akhir DIII

MEYLINDA SETYO RINI.PERBEDAAN PENYULUHAN MENGGOSOK GIGI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DAN METODE CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN PHANTOM TERHADAP PENGETAHUAN & KETERAMPILAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN (Studi Kepustakaan)().Poltekkes Semarang:PRODI D3 KEPERAWATAN GIGI,2020.Tugas Akhir DIII



Dirujuk oleh 0 dokumen