Tesis
MODIFIKASI IREINE’S EDUCATION MODEL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK PRASEKOLAH
XMLABSTRAK
MODIFIKASI IREINE’S EDUCATION MODEL SEBAGAI
UPAYA MENINGKTKAN KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI
PADA ANAK PRASEKOLAH
Ireine Norma Dajoh
Latar Belakang : Masalah kesehatan gigi dan mulut anak prasekolah yaitu early chilhood caries (ECC) sebesar 90.05%, hal ini disebabkan karena anak belum mampu melakukan kegiatan meggosok gigi secara mandiri. Modifikasi Ireine’s Education Model merupakan model pembelajaran menggosok gigi dalam upaya meningkatkan keterampilan menggosok gigi anak prasekolah dengan pendampingan guru dan orang tua.
Tujuan Penelitian : Menghasilkan Modifikasi Ireine’s Education Model sebagai upaya meningkatkan keterampilan menggosok gigi anak prasekolah.
Metode Penelitian : Research and Devoloment (R&D) dan uji model menggunakan quasy experiment. Subyek penelitian guru PAUD, orang tua dan anak prasekolah yang dibagi mejadi 2 kelompok :1. Intervensi Modifikasi Ireine’s Education Model selama 21 hari dan 2. Kontrol dengan media phantom. Variabel antara : pengetahuan, sikap dan tindakan guru dan orang tua dan variabel terikat : keterampilan menggosok gigi dan skor bebas plak anak prasekolah. Data diuji menggunakan uji intraclass corelation coefficient, anova, shapiro wilk, paired sample test, independent sample test, wilcoxon, mann whitney.
Hasil : Modifikasi Ireine’s Education Model layak sebagai media pendidikan kesehatan gigi dan mulut (p
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Dr. dr. Ari Suwondo, MPH
|
---|---|
Pengarang |
Ireine Norma Dajoh - Pengarang Utama
Dr. Bedjo Santoso, S.Si.T, M.Kes - First Advisor Dr. dr. Ari Suwondo, MPH - Second Advisor |
NIM |
P1337425318006
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xv + 96 hlm.; Bibli.; Ilus.; 29 cm
|
Dilihat sebanyak |
1891
|
Penerbit | Magister Terapan Terapis Gigi dan Mulut : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG., 2020 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |