Detail Cantuman

Image of EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN METODE BERNYANYI DAN BERCERITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI TK ABA 43 SEMARANG

Skripsi D IV

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN METODE BERNYANYI DAN BERCERITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI TK ABA 43 SEMARANG

XML

Salah satu upaya mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara memberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut melalui penyuluhan. Penyuluhan merupakan upaya preventif untuk meningkatkan pengetahuan pada anak. Dalam penyuluhan pemilihan metode yang tepat sangat membantu pencapaian usaha mengubah tingkah laku sasaran, seperti metode bernyanyi dan bercerita. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan gigi dengan metode bernyanyi dan bercerita terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi di TK ABA 43 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu menggunakan rancangan penelitian pretest-postest group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak TK ABA 43 Semarang berjumlah 36 anak yang diambil menggunakan teknik total sampling. Sampel kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 18 anak kelompok bernyanyi dan 18 anak kelompok bercerita. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon dan Mann-Whitney.
Hasil uji statistik dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan antara sebelum dan sesudah penyuluhan, nilai p value metode bernyanyi = 0.000 dan p value metode bercerita = 0.002. Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pendidikan kesehatan gigi dengan metode bernyanyi dan bercerita. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai p value = 0.301.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan kesehatan gigi dengan metode bernyanyi dan bercerita sama efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Dr. drg. Lanny Sunarjo, MDSc dan drg. Ani Subekti, MDSc
Pengarang
Mayrira Argi Sarasti - Pengarang Utama
NIM
P1337425215024
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xiii+52.;bibl.;Ilus.;29cm
Dilihat sebanyak
1578
Penerbit Prodi D IV Keperawatan gigi Semarang : Semarang.,
Edisi
2019
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
Mayrira Argi Sarasti. (2019).EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN METODE BERNYANYI DAN BERCERITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI TK ABA 43 SEMARANG(2019).Semarang:Prodi D IV Keperawatan gigi Semarang

Mayrira Argi Sarasti.EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN METODE BERNYANYI DAN BERCERITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI TK ABA 43 SEMARANG(2019).Semarang:Prodi D IV Keperawatan gigi Semarang,2019.Skripsi D IV

Mayrira Argi Sarasti.EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN METODE BERNYANYI DAN BERCERITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI TK ABA 43 SEMARANG(2019).Semarang:Prodi D IV Keperawatan gigi Semarang,2019.Skripsi D IV

Mayrira Argi Sarasti.EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN METODE BERNYANYI DAN BERCERITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI TK ABA 43 SEMARANG(2019).Semarang:Prodi D IV Keperawatan gigi Semarang,2019.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen