Detail Cantuman

Image of MODEL EDUKASI TR’S DENTAL POP-UP BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA

Tesis

MODEL EDUKASI TR’S DENTAL POP-UP BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA

XML

Latar Belakang : Masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak tunagrahita lebih tinggi dibandingkan anak normal. Permasalahan yang dialami anak tunagrahita yaitu kesulitan untuk melakukan aktivitas mandiri dalam perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan alat bantu media yang digunakan dalam peningkatan perilaku menggosok gigi pada anak tunagrahita adalah media TR’S dental pop-up yakni sebuah yang didalamnya terdapat tata cara menggosok gigi yang baik dan benar.
Tujuan : Menghasilkan media TRS Dental Pop-up sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan perilaku menggosok gigi anak tunagrahita.
Metode : Research and development (R&D) dan diuji coba produk/model (Study true experiment test with cintrol group design). Subjek penelitian ini 15 kelompok intervensi dengan penerapan model edukasi TR’S Dental Pop-up dan 15 kelompok kontrol dengan penerapan model edukasi pop-up boo 3D tanpa audio. Pengambilan sampel menggunakan rumus Lemeshow. Data diuji menggunakan uji Paired dan independen sampel test.
Hasil : TR’S Dental Pop-up layak sebagai media pembelajaran tentang menggosok gigi. Implementasi media ini efektif meningkatkan pengetahuan guru (?) intervensi 2,67 kontrol 1,66, sikap guru (?) intervensi 3 kontrol 1,67, tindakan guru
(?) intervensi 4 kontrol 3, tindakan anak (?) intervensi 5,8 kontrol 3,8, debris
intervensi (?) 0,97 kontrol 0,86.
Kesimpulan : Model Edukasi TR’S Dental Pop-up efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan perilaku menggosok gigi pada anak tunagrahita.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
TIARA ROZARIA
Pengarang
TIARA ROZARIA - Pengarang Utama
Dr. Bedjo Santoso, S.SiT - First Advisor
Dr. drg. Lanny Sunarjo, MDSc - Second Advisor
Diyah Fatmawati - First Examiner
Kusno - Second Examiner
NIM
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xvi + 173p.: 0 x 0cm.
Dilihat sebanyak
803
Penerbit Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
TIARA ROZARIA. (2022).MODEL EDUKASI TR’S DENTAL POP-UP BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA().Semarang:Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan

TIARA ROZARIA.MODEL EDUKASI TR’S DENTAL POP-UP BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA().Semarang:Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan,2022.Tesis

TIARA ROZARIA.MODEL EDUKASI TR’S DENTAL POP-UP BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA().Semarang:Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan,2022.Tesis

TIARA ROZARIA.MODEL EDUKASI TR’S DENTAL POP-UP BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA().Semarang:Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan,2022.Tesis



Dirujuk oleh 0 dokumen