Detail Cantuman

Image of MODEL AUGMENTED REALITY BOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI BAGI ORANG TUA SERTA STATUS KEBERSIHAN GIGI ANAK USIA PRA SEKOLAH

Tesis

MODEL AUGMENTED REALITY BOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI BAGI ORANG TUA SERTA STATUS KEBERSIHAN GIGI ANAK USIA PRA SEKOLAH

XML

Augmented reality adalah sebuah teknologi yang relatif baru. Konsep konten pada penelitian ini adalah dengan menggabungkan ARdan buku ilustrasi anak-anak. Konten ini nantinya dapat discan/dipindai oleh aplikasi AR dan menampilkan bentuk model 3D. Konten yang disajikan berupa ilustrasi buku dan model 3D yang dapat menampilkan bagian rongga mulut. Jenis penelitian ini yaitu mix method dengan desain penelitian R&D. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK Pelangi dan TK Al-Manar Kota Cirebon. Sampel yang digunakan berjumlah 40 anak yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu siswa TK Pelangi sebagai kelompok intervensi sebanyak 20 anak dan siswa TK AL- Manar sebagai kelompok kontrol sebanyak 20 anak yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, serta guru berjumlah 4 orang dan orangtua yang mengikuti jumlah anak. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan model augmented reality book sebagai media edukasi efektif meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia pra sekolah serta efektif dalam menurunkan skor plak pada anak dibandingkan dengan kelompok kontrol. Terbukti nilai pvalue pengetahuan (0.001), sikap (0.002), tindakan (0.001), skor plak (0.001). Model augmented reality book sebagai media edukasi efektif meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada ibu dibandingkan dengan kelompok kontrol. Terbukti nilai p-value pengetahuan (0.001), sikap (0.002), tindakan (0.001). Model augmented reality book sebagai media edukasi efektif meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada guru dibandingkan dengan kelompok kontrol. Terbukti nilai p-value pengetahuan (0.001), sikap (0.001), tindakan (0.002).


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
ADIBATUL MAULA
Pengarang
ADIBATUL MAULA - Pengarang Utama
Lanny Sunarjo - First Advisor
Bedjo Santoso - Second Advisor
Kusno - First Examiner
NIM
P1337425320032
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
17 + 124p.: 0 x 0cm.
Dilihat sebanyak
1044
Penerbit Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
ADIBATUL MAULA. (2022).MODEL AUGMENTED REALITY BOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI BAGI ORANG TUA SERTA STATUS KEBERSIHAN GIGI ANAK USIA PRA SEKOLAH().Semarang:Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan

ADIBATUL MAULA.MODEL AUGMENTED REALITY BOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI BAGI ORANG TUA SERTA STATUS KEBERSIHAN GIGI ANAK USIA PRA SEKOLAH().Semarang:Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan,2022.Tesis

ADIBATUL MAULA.MODEL AUGMENTED REALITY BOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI BAGI ORANG TUA SERTA STATUS KEBERSIHAN GIGI ANAK USIA PRA SEKOLAH().Semarang:Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan,2022.Tesis

ADIBATUL MAULA.MODEL AUGMENTED REALITY BOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI BAGI ORANG TUA SERTA STATUS KEBERSIHAN GIGI ANAK USIA PRA SEKOLAH().Semarang:Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan,2022.Tesis



Dirujuk oleh 0 dokumen