
Tesis
POTENSI LED (LAMP EDUCATION DENTAL) SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PENINGKATAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK SEKOLAH DASAR(SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW)
XML
Masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling banyak ditemukan pada anak sekolah dasar yaitu karies gigi. Masalah kesehatan gigi dan mulut disebabkan oleh perilaku dalam memilihara kesehatan gigi dan mulut. Perubahan perilaku dapat dilakukan melalui Oral Health Education. Penerapan media LED berbasis AR bisa untuk meningkatan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut anak sekolah dasar. Tujuan dari literature review adalah untuk mendeskripsikan sebuah intervensi pemanfaatan potensi media LED (Lamp Education Dental) sebagai media alternatif peningkatan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut anak sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan systematic literatur review (SLR), yaitu sebuah sintesis dari hasil studi literatur yang bersifat sistematik, jelas, menyeluruh, dengan mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi melalui pengumpulan data suatu hasil penelitian yang sudah ada dengan metode pencarian yang akurat dan melibatkan proses telaah kritis dalam pemilihan studi.
Hasil systematic literatur review menemukan ada 5 studi yang menyatakan adanya permasalahan kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah dasar, dan sejumlah 15 studi menemukan bahwa media AR efektif dalam meningkatkan perilaku kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah dasar.
Dari hasil studi literatur bentuk media LED berbasis AR bisa dikembangkan sebagai media promosi kesehatan gigi dan mulut anak sekolah dasar. Beberapa penelitian mengembangkan media AR dalam bentuk EMT, Senyum Gigi, terbukti efektif dalam meningkatkan perilaku dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut anak sekolah dasar.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
KURNIA ERMA PURI
|
---|---|
Pengarang | |
NIM |
P1337425318014
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
XII + 76p.: 210 x 297cm.
|
Dilihat sebanyak |
305
|
Penerbit | Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan : Semarang., 2021 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|