
Skripsi D IV
EFEKTIVITAS APLIKASI BERBASIS WEBSITE “RUMAH ASI” TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF
XML
Kejadian ibu yang tidak memberikan ASI Eksklusif merupakan masalah serius, penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan dan sikap pemberian ASI Eksklusif. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemberian informasi dengan salah satu media, yaitu aplikasi berbasis website. Pemanfaatan website berisi informasi kesehatan akan meningkatkan pengetahuan dan sikap kesehatan seseorang. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas website “Rumah ASI” dan modul cetak terhadap pengetahuan dan sikap pemberian ASI Eksklusif.
Jenis penelitian adalah Quasy Experiment dengan pre test and post test control group design dan teknik purposive sampling sebanyak 36 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Wilcoxon T-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa edukasi dengan website “Rumah ASI” dan modul sama efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam pemberian ASI Eksklusif dengan p-value 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh pada keduanya. Namun pada website nilai median pengetahuan lebih tinggi dari modul yaitu 22,5. Variabel sikap website nilai median minimum lebih tinggi daripada modul yaitu 30 dan 20. Dapat dikatakan bahwa website “Rumah ASI” lebih efektif daripada modul cetak terhadap pengetahuan dan sikap dalam pemberian ASI Eksklusif.
Dari penelitian ini diharapkan media website dapat menjadi pilihan dalam membantu memberikan edukasi yang dapat diberikan secara jarak jauh dan dilakukan perkembangan lagi pada peneliti selanjutnya untuk menggunakan media yang efektif, inovatif, dan praktis.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
NUHA AHSANA SHOFY MAHARANI
|
---|---|
Pengarang |
NUHA AHSANA SHOFY MAHARANI - Pengarang Utama
Wahyu Pujiastuti., S. SiT., M. Kes - First Advisor Siti Maryani, S.ST, M. PH. - Second Advisor |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xviii + 144p.: 0 x 0cm.
|
Dilihat sebanyak |
385
|
Penerbit | DIV Kebidanan Magelang : Magelang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|