Detail Cantuman

Image of PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB)   PADA MASA PANDEMI COVID-19

Skripsi D IV

PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB) PADA MASA PANDEMI COVID-19

XML

Pelayanan Keluarga Berencana (KB) adalah upaya untuk mengatur kelahiran anak, jarak, usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan dengan bertanggung jawab untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas. Kurangnya perhatian terhadap pelayanan KB di masa pandemi membuat pelayanan kontrasepsi yang diberikan kepada masyarakat menjadi kurang optimal. Kurangnya informasi terkait dengan regulasi membuat masyarakat enggan untuk melakukan pelayanan di fasilitas kesehatan. Hal tersebut ditunjukan oleh menurunnya presentase penggunaan KB dari tahun 2021 di Provinsi Jawa Tengah sebesar 1,02 persen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan Keluarga Berencana.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara dengan Kepala Puskesmas Kalikajar, staff, dan bidan Puskesmas Kalikajar serta, 10 akseptor MKJP, 10 akseptor suntik, dan 10 akseptor pil yang berada di wilayah Kerja Puskesmas Kalikajar kabupaten Purbalingga.
Peneliti menemukan hasil bahwa Puskesmas Kalikajar melakukan pelayanan KB sesuai dengan peraturan dari Kementerian kesehatan dan SE kepala BKKBN tahun 2020. Pelayanan yang dilakukan adalah pelayanan menurut zona daerah yang dibagi menjadi 4 zona yaitu hijau, kuning, orange, dan merah. Namun pada prakteknya pembagian pelayanan dikelompokan menjadi 2 yaitu zona hijau-kuning dan orange-merah sesuai dengan SOP Puskesmas Kalikajar yang telah disesuaikan dengan peraturan dari Kementerian Kesehatan mengenai zona, standar pelayanan, dan standar penggunaan alat perlindungan diri.
Puskesmas Kalikajar sudah menerapkan kebijakan sesuai dengan SOP dan melakukan penyesuaian kebijakan dengan baik. Namun, penyebaran informasi kurang diperhatikan kepada masyarakat yang tidak bisa menjangkau media online sehingga perlu diperhatikan untuk penyebaran media kepada masyarakat secara menyeluruh.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
EVA NATALIA
Pengarang
EVA NATALIA - Pengarang Utama
Sri Winarsih., S. Pd., S. SiT., M. Kes - First Advisor
Tuti Sukini, SSiT, MKes - Second Advisor
NIM
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xiv + 71p.: ill.; 22 x 30cm.
Dilihat sebanyak
733
Penerbit Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Magelang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
EVA NATALIA. (2022).PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB) PADA MASA PANDEMI COVID-19().Magelang:Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

EVA NATALIA.PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB) PADA MASA PANDEMI COVID-19().Magelang:Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2022.Skripsi D IV

EVA NATALIA.PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB) PADA MASA PANDEMI COVID-19().Magelang:Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2022.Skripsi D IV

EVA NATALIA.PELAYANAN KELUARGA BERENCANA (KB) PADA MASA PANDEMI COVID-19().Magelang:Prodi DIV Kebidanan Magelang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2022.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen