Skripsi D IV
PENGARUH MEDIA EDUKASI "EDUCARD" TERHADAP PENGETAHUAN, POLA MAKAN, DAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH PADA REMAJA PUTRI OBESITAS
XMLLatar Belakang : Obesitas merupakan faktor risiko anemia pada remaja putri. Peningkatan jaringan adiposa menyebabkan kadar hepsidin meningkat dan mengganggu penyerapan zat besi dan diperburuk oleh rendahnya kualitas diet akibat kurangnya pengetahuan gizi. Edukasi gizi merupakan salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan perilaku remaja putri obesitas. Educard merupakan media edukasi yang dapat meningkatkan perhatian dan keterlibatan peserta.
Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media educard terhadap pengetahuan, pola makan, dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri obesitas.
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian True Experiment, menggunakan rancangan pretest post test control group design. Jumlah subjek penelitian pada masing-masing kelompok adalah 21 sampel. Kelompok intervensi diberikan edukasi menggunakan educard dan kelompok kontrol diberikan edukasi dengan ceramah. Data pengetahuan, pola makan, dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah diperoleh melalui kuesioner.
Hasil : Terdapat peningkatan rerata skor pengetahuan pada kelompok intervensi dari 30,48+11,28 menjadi 83,24+6,27, sedangkan pada kelompok kontrol terjadi peningkatan rerata dari 33,33+7,30 menjadi 71,62+11,51 dan secara statistik ada pengaruh edukasi gizi menggunakan educard terhadap pengetahuan gizi (p0,0,5).
Kesimpulan : Edukasi gizi menggunakan media educard berpengaruh dalam peningkatan pengetahuan gizi, namun tidak berpengaruh terhadap pola makan dan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah.
Kata kunci : Pengetahuan, pola makan, kepatuhan, anemia, obesitas, educard.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
SEPTIANTIKA CAHYADITAMI
|
---|---|
Pengarang |
Yuniarti - Second Advisor
Dian Luthfita Prasetya Muninggar - First Examiner MEIRINA D. LARASATI - Second Examiner |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xii + 102p.: ill.; 21 x 30cm.
|
Dilihat sebanyak |
2003
|
Penerbit | DIV Gizi Semarang : Semarang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|