Detail Cantuman

Image of PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN

Skripsi D IV

PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN

XML

Latar Belakang : Pengetahuan tentang pangan dan gizi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi sehingga diperlukan pendidikan gizi secara formal maupun non formal. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mengenai gizi seimbang yaitu melalui proses edukasi gizi. Edukasi gizi yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi di pondok pesantren yang membatasi santri dalam menggunakan media elektronik yaitu salah satunya dengan menggunakan media buku saku.
Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media buku saku terhadap pengetahuan dan sikap tentang pedoman gizi seimbang pada santri remaja di pondok pesantren.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian gizi masyarakat. Jenis penelitian quasy experimental dengan rancangan penelitian pretest – posttest control group design. Sampel terdiri dari 20 sampel kelompok perlakuan dan 20 sampel kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan yaitu identitas sampel, pengetahuan dan sikap. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon dan Mann whitney.
Hasil : Rerata skor pengetahuan kedua kelompok mengalami peningkatan. Pada kelompok perlakuan meningkat dari 54,75 menjadi 89,75 sedangkan pada kelompok kontrol dari 63,75 menjadi 81,25. Rerata skor sikap kedua kelompok mengalami peningkatan. Pada kelompok perlakuan meningkat dari 73,20 menjadi 87,75 sedangkan pada kelompok kontrol dari 75,80 menjadi 82,50. Edukasi gizi dengan media buku saku berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang pedoman gizi seimbang dengan nilai p value = 0,000 (p < 0,05).
Kesimpulan : Edukasi gizi dengan menggunakan media buku saku berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap tentang pedoman gizi seimbang pada santri remaja di pondok pesantren.
Kata Kunci : edukasi gizi, media buku saku, pedoman gizi seimbang, pengetahuan, sikap.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
NUR UFIYA
Pengarang
NUR UFIYA - Pengarang Utama
J. Supadi - First Advisor
Sunarto - Second Advisor
ASTIDIO NOVIARDHI - First Examiner
Enik Sulistyowati - Second Examiner
NIM
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xiii + 133p.: ill.; 21 x 29cm.
Dilihat sebanyak
1169
Penerbit DIV Gizi Semarang : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
NUR UFIYA. (2022).PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN().Semarang:DIV Gizi Semarang

NUR UFIYA.PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN().Semarang:DIV Gizi Semarang,2022.Skripsi D IV

NUR UFIYA.PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN().Semarang:DIV Gizi Semarang,2022.Skripsi D IV

NUR UFIYA.PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA SANTRI REMAJA DI PONDOK PESANTREN().Semarang:DIV Gizi Semarang,2022.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen