Detail Cantuman

Image of MODEL EDUKASI BERBASIS GAMIFIKASI MELALUI PERMAINAN KARTU KUARTET ASI EKSKLUSIF GUNA MENINGKATKAN PERILAKU DAN SELF EFFICACY IBU MENYUSUI

Tesis

MODEL EDUKASI BERBASIS GAMIFIKASI MELALUI PERMAINAN KARTU KUARTET ASI EKSKLUSIF GUNA MENINGKATKAN PERILAKU DAN SELF EFFICACY IBU MENYUSUI

XML

Latar Belakang: Air susu ibu (ASI) eksklusif diberikan selama enam bulan sebagai upaya strategi global dalam peningkatan pertumbuhan, perkembangan, kesehatan serta kelangsungan hidup bayi, optimalisasi imunitas perkembangan dan pertumbuhan terhadap bayi. Proses menyusui juga berkaitan dengan self efficacy ibu. Penggunaan kartu kuartet menyusui bisa memperjelas suatu permasalahan yaitu terlihat pada gambar karena akan sama dengan pokok bahasan, dan dapat membuat ibu menyusui tertarik untuk membaca dan melakukannya dengan tepat dalam pola menyusui kepada bayinya. Edukasi menggunakan media kartu kuartet diharapkan dapat mengubah perilaku dan self efficacy ibu menyusui.
Tujuan: Menghasilkan model edukasi berbasis gamifikasi melalui permainan kartu kuartet ASI eksklusif guna meningkatkan perilaku dan self efficacy ibu menyusui
Metode : Rancangan yaitu quasy experiment dengan pendekatan pre and posttest with control group design. Sampel 36 responden yang terbagi dalam kelompok intervensi akan diberikan 8 kali perlakuan dengan pemberian edukasi menggunakan permainan kartu kuartet menyusui selama 3 minggu.sedangkan kelompok kontrol hanya akan mendapatkan kuesioner dan tanpa tambahan perlakuan.
Hasil : Hasil penelitian dengan intervensi edukasi berbasis gamifikasi menggunakan permainan kartu kuartet bisa meningkatkan pengetahuan (52,4 %), sikap (35,2%), praktik (90,11%), dan self efficacy (26,7%); Adapun hasil analisis statistik perbandingan antara sebelum dan sesudah terjadi signifikansi dengan nilai p value=0,000 pada semua variabel dependen; sedangkan perbandingan antara kelompok perlakuan dengan kontrol untuk pengetahuan p value=0,021, sikap p value= 0,026, praktik p value= 0,001, dan self efficacy p value = 0,035. Selisih kenaikan lebih tinggi pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol.
Kesimpulan : Model edukasi Berbasis Gamifikasi Melalui Permainan Kartu Kuartet ASI Eksklusif layak digunakan untuk Meningkatkan Perilaku Ibu Dan self efficacy.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
JULIANA SION SIHOMBING
Pengarang
NIM
P1337424719056
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xx + 155p.: 21 x 29cm.
Dilihat sebanyak
935
Penerbit Kebidanan Magister Terapan Kesehatan : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
JULIANA SION SIHOMBING. (2022).MODEL EDUKASI BERBASIS GAMIFIKASI MELALUI PERMAINAN KARTU KUARTET ASI EKSKLUSIF GUNA MENINGKATKAN PERILAKU DAN SELF EFFICACY IBU MENYUSUI().Semarang:Kebidanan Magister Terapan Kesehatan

JULIANA SION SIHOMBING.MODEL EDUKASI BERBASIS GAMIFIKASI MELALUI PERMAINAN KARTU KUARTET ASI EKSKLUSIF GUNA MENINGKATKAN PERILAKU DAN SELF EFFICACY IBU MENYUSUI().Semarang:Kebidanan Magister Terapan Kesehatan,2022.Tesis

JULIANA SION SIHOMBING.MODEL EDUKASI BERBASIS GAMIFIKASI MELALUI PERMAINAN KARTU KUARTET ASI EKSKLUSIF GUNA MENINGKATKAN PERILAKU DAN SELF EFFICACY IBU MENYUSUI().Semarang:Kebidanan Magister Terapan Kesehatan,2022.Tesis

JULIANA SION SIHOMBING.MODEL EDUKASI BERBASIS GAMIFIKASI MELALUI PERMAINAN KARTU KUARTET ASI EKSKLUSIF GUNA MENINGKATKAN PERILAKU DAN SELF EFFICACY IBU MENYUSUI().Semarang:Kebidanan Magister Terapan Kesehatan,2022.Tesis



Dirujuk oleh 0 dokumen