Tugas Akhir DIII
ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU POST PARTUM NORMAL (PRIMIPARA) DENGAN FOKUS STUDI DEFISIT PENGETAHUAN TEKNIK MENYUSUI
XMLMenyusui merupakan hak setiap ibu setelah melahirkan yaitu pada masa nifas sehingga untuk mencapai keberhasilan dalam pemberian ASI perlu dibutuhkan informasi yang lengkap mengenai teknik menyusui. Hasil survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2010, angka cakupan pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih dibawah target yaitu pada bayi usia 0-6 bulan sebesar 61,5%, tahun 2012 sebesar 42%, dan tahun 2013 sebesar 54,3%. (Kementerian Kesehatan RI, 2013). Tujuan dari asuhan keperawatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan klien tentang teknik menyusui yang benar agar tidak terjadi puting lecet maupun bengkak yang berakibat ibu enggan menyusui terutama pada ibu primipara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan rancangan studi kasus menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara langsung kepada pasien, mengobservasi, pemeriksaan fisik dan studi dokumentasi keperawatan. Jumlah subyek yang digunakan yaitu 2 pasien. Pengkajian klien pertama pada tanggal 06 November 2019 dan klien kedua pada tanggal 08 November 2019. Dalam kasus ini penulis melakukan proses asuhan keperawatan yang berfokus pada upaya meningkatkan pengetahuan tentang teknik menyusui pada ibu primipara. Implementasi yang telah dilakukan yaitu memberikan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan teknik menyusui. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan teknik menyusui dan klien mampu mendemonstrasikan teknik menyusui yang benar sehingga masalah teratasi.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
MILA AGTYANA
|
---|---|
Pengarang |
MILA AGTYANA - Pengarang Utama
Tutik Setyowati, S.Kep., Ners, M.Kes - First Advisor Yuni Astuti, S.Kep., Ners., M.Kes - Second Advisor |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
3 + 89p.: ill.; 20 x 30cm.
|
Dilihat sebanyak |
1016
|
Penerbit | DIII Keperawatan Blora : Blora., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|