Skripsi D IV
PENGARUH MEDIA APLIKASI HEAGER TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI MENARCHE
XMLPerubahan fisik pada remaja tidak terlepas dari karakteristik remaja seperti perubahan hormonal, masa kematangan seksual dan reaksi terhadap menarche. Permasalahan pokok yang dihadapi siswi adalah rendahnya pemahaman terkait menarche akibat belum adanya penyuluhan dari tenaga kesehatan setempat maupun dari pihak sekolah dalam program keputrian dan UKS yang terkendala oleh pandemi covid-19, serta penyampaian materi menstruasi yang belum optimal. Aplikasi “Heager” memiliki beberapa fitur, diantaranya fitur video yang membahas tentang menstruasi, assessment test untuk mengetahui pemahaman remaja terkait menarche.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media aplikasi heager terhadap tingkat kecemasan menghadapi menarche. Jenis penelitian Pre Experiment dengan rancangan one group pre test post test design. Sampel penelitian sejumlah 39 siswi SMP Negeri 8 dan SMP Negeri 7 Kota Magelang. Teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan alat ukur kecemasan kuesioner ZSAS, intervensi berupa media aplikasi heager berbasis android. Analisa data menggunakan uji parametrik Paired T-test.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre test 41.56 dan post test 37.10, dihasilkan P Value 0.000 < 0.05, dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan media aplikasi heager terhadap tingkat kecemasan menghadapi menarche. Diharapkan pihak sekolah lebih meningkatkan pengetahuan siswi dengan dengan pendidikan kesehatan khususnya menarche agar siswi lebih siap menghadapi menarche.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
IFTINA FIKRIYA NIDA
|
---|---|
Pengarang |
IFTINA FIKRIYA NIDA - Pengarang Utama
Siti Chunaeni., S.Kep. Ns., S. Tr Keb., M. Kes - First Advisor SITI ROFI’AH, S.ST, M.Kes - Second Advisor |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
14 + 123p.: 21 x 29cm.
|
Dilihat sebanyak |
604
|
Penerbit | DIV Kebidanan Magelang : Magelang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|