Detail Cantuman

Image of EFEKTIVITAS FLIPCHART DENGAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI 03 SEMARANG

Skripsi D IV

EFEKTIVITAS FLIPCHART DENGAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI 03 SEMARANG

XML

Masih banyak siswa belum memahami cara menggosok gigi yang benar dan lamanya menggosok gigi. Siswa kurang mengetahui bahwa ada beberapa gerakan menggosok gigi yang dianjurkan untuk membersihkan plak dari permukaan gigi. Dalam hal untuk merubah perilaku anak dalam menyikat gigi di kalangan anak usia dini, upaya yang ingin dilakukan oleh penulis adalah dengan mengedukasi anak sejak dini dengan menggunakan media flipchart dan media leaflet. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penyuluhan dengan menggunakan flipchart dan leaflet terhadap perubahan perilaku menggosok gigi pada anak TK Kemala Bhayangkari 03.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan menggunakan rancangan pretest-posttest with two grup design dengan melakukan perlakuan pada kelompok yang berbeda menggunakan media penyuluhan. Kelompok A diberikan penyuluhan dengan menggunakan flipchart dan kelompok B diberikan penyuluhan dengan menggunakan media leaflet. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa TK, dengan masing-masing kelompok 18 siswa diberikan penyuluhan menggunakan media flipchart dan 18 siswa yang lain diberikan penyuluhan dengan menggunakan media leaflet.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan efektivitas penyuluhan sebelum dan sesudah menggunakan leaflet dibandingkan flipchart, yaitu aspek pengetahuan dengan nilai p sebesar 0.001 dengan rata-rata leaflet sebesar 24.63 sedangkan flipchart sebesar 13.06, aspek sikap dengan nilai p sebesar 0.001 dengan rata-rata leaflet sebesar 24.63 sedangkan flipchart sebesar 13.06, aspek tindakan dengan nilai p sebesar 0.002 dengan rata-rata leaflet sebesar 24.13 sedangkan flipchart sebesar 13.58, dan pada debris indeks aspek pengetahuan dengan nilai p sebesar 0.892 dengan rata-rata leaflet sebesar 36.83 sedangkan flipchart sebesar 36.17. Dapat disimpulkan media leaflet lebih efektif dalam meningkatkan perilaku serta perubahan debris indeks siswa


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
ELVIRA PRISKA DAMAYANTI
Pengarang
ELVIRA PRISKA DAMAYANTI - Pengarang Utama
Lanny Sunarjo - First Advisor
Yodong - Second Advisor
Supriyana - First Examiner
NIM
P1337425218022
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xiii + 124p.: ill.; 21 x 29cm.
Dilihat sebanyak
1093
Penerbit DIV Keperawatan Gigi Semarang : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
ELVIRA PRISKA DAMAYANTI. (2022).EFEKTIVITAS FLIPCHART DENGAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI 03 SEMARANG().Semarang:DIV Keperawatan Gigi Semarang

ELVIRA PRISKA DAMAYANTI.EFEKTIVITAS FLIPCHART DENGAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI 03 SEMARANG().Semarang:DIV Keperawatan Gigi Semarang,2022.Skripsi D IV

ELVIRA PRISKA DAMAYANTI.EFEKTIVITAS FLIPCHART DENGAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI 03 SEMARANG().Semarang:DIV Keperawatan Gigi Semarang,2022.Skripsi D IV

ELVIRA PRISKA DAMAYANTI.EFEKTIVITAS FLIPCHART DENGAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI ANAK TK KEMALA BHAYANGKARI 03 SEMARANG().Semarang:DIV Keperawatan Gigi Semarang,2022.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen