Skripsi D IV
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI KELAS IV, V DAN VI SD 3 LORAM WETAN KUDUS
XMLMenarche adalah haid atau menstruasi yang datang pertama kali pada seorang wanita yang sedang menginjak dewasa. Pengetahuan mengenai menarche yang kurang menyebabkan remaja awal tidak mengenal tubuh mereka dan dapat mengira bahwa proses menstruasi merupakan suatu tanda adanya penyakit atau hukuman bagi tingkah laku mereka yang buruk. Selain itu ketidaktahuan dapat menyebabkan remaja awal mengartikan secara keliru dan menghubungkan menstruasi sebagai sesuatu yang memalukan, kotor, sehingga menyebabkan kebingungan dan ketakutan bagi remaja awal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video animasi terhadap pengetahuan dan sikap siswi dalam menghadapi menarche.
Penelitian ini dilakukan di SD 3 Loram Wetan Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pre-eksperimental dengan rancangan one group pre-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi SD 3 Loram Wetan Kudus kelas IV, V, VI yaitu sebanyak 30 siswi dan pengambilan sampel dilakukan secara total sampling.
Hasil penelitian menunjukkan pendidikan kesehatan dengan media video animasi memberikan pengaruh terhadap terhadap pengetahuan dan sikap siswi mengenai menarche. Hasil uji statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh hasil p-value skor pre-postest variabel pengetahuan dan sikap diperoleh nilai sebesar 0,000 (
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
ARDA BRESCA MAGHFIRA PASHA
|
---|---|
Pengarang |
ARDA BRESCA MAGHFIRA PASHA - Pengarang Utama
Heny Rosiana - First Advisor Dina Aulia Octaviana - First Advisor Sri Sumarni - First Examiner |
NIM |
P1337424417037
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xiv + 144p.: ill.; 21 x 5cm.
|
Dilihat sebanyak |
1208
|
Penerbit | DIV Kebidanan Semarang : Semarang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|