Skripsi D IV
PENGARUH MEDIA E-MODUL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU MENSTRUAL HYGIENE REMAJA PUTRI
XMLMenurut (Kementerian Kesehatan RI, 2017) menunjukkan bahwa pengetahuan mengenai kesehatan terhadap reproduksi belum memadahi atau masih dalam kategori rendah 35,3% pada remaja perempuan. kesadaran perilaku hidup bersih, sehat saat menstruasi masih rendah 63% yang memahami ketika terjadi menstruasi. (kemenkes,2017). upaya meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja putri tentang menstrual hygiene dapat dilakukan dengan pendidikan kesehatan menggunakan e-modul yaitu media elektronik audio visual yang didalamnya terdapat materi, gambar, video, rekaman suara sehingga menarik minat pembaca. Bertujuan mengetahui pengaruh e-modul dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja putri tentang menstrual hygiene. Metode Quasy Eksperiman One grup prettest posttest design dengan sampel 32 responden menggunaka teknik purposive sample. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data dengan uji Wilcoxon.
Hasil terdapat perbedaan tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja putri tentang menstrual hygiene sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan media e-modul. Hasil uji wilcoxon tingkat pengetahuan p value 0,000 < 0,05. Sikap p value 0,000
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
FAIZAH MELANI
|
---|---|
Pengarang |
FAIZAH MELANI - Pengarang Utama
Nuril Nikmawati, S.Kep.Ns, M.Kes - First Advisor Herlina Tri Damailia, SKM, MKes - Second Advisor Bekti Yuniyanti, S.SiT, M.H.Kes - First Examiner |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xv + 103p.: 0 x 0cm.
|
Dilihat sebanyak |
620
|
Penerbit | DIV Kebidanan Magelang : Magelang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|