Tesis
MODEL EDUKASI TEKA-TEKI SILANG BERBASIS ANDROID SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR
XMLLatar Belakang: Masalah kesehatan gigi pada SD kelompok intervensi yaitu karies gigi 81%, persistensi 32%, ginggivitis 35%, dan masalah kesehatan gigi pada SD kelompok kontrol yaitu karies gigi 86%, persistensi 36%, ginggivitis 48%. Masalah kesehatan gigi pada anak sekolah dasar disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pengetahuan, sikap dan tindakan pemeliharaan kesehatan gigi yang rendah. Strategi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan “model edukasi teka-teki silang berbasis android” memberikan edukasi pada anak melalui metode permainan sehingga proses belajar lebih menarik dan menyenangkan.
Tujuan: Menguji efektivitas model edukasi teka-teki silang berbasis android sebagai upaya peningkatan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi pada anak sekolah dasar.
Metode Penelitian: Desain penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan metode Quasi experimental dengan rancangan pre test-post test control group design. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 30 kelompok intervensi dan 30 kelompok kontrol. Variabel independen kelompok intervensi model edukasi teka-teki silang berbasis android, pada kelompok kontrol model buku teka-teki silang. Variabel dependen pengetahuan, sikap, tindakan pemeliharaan kesehatan gigi anak, debris index score. Variebel confounding prestasi belajar, usia, jenis kelamin. Masing-masing kelompok diberi perlakuan 21 hari. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil uji beda kelompok nilai delta dari kelompok intervensi dan kontrol berbeda bermakna dan hasilnya lebih baik dari kelompok kontrol.
Hasil: Model edukasi teka-teki silang berbasis android menurut validasi ahli rata-rata 92% dan nilai p-value 0.002 (sangat layak) dan penerapannya efektif sebagai upaya peningkatan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi pada anak sekolah dasar, Serta uji beda model edukasi teka-teki silang berbasis android efektif sebagai upaya peningkatan pengetahuan nilai delta p-value 0.009, sikap nilai delta p-value 0.001, tindakan nilai delta p-value 0.001, debris index score nilai delta p-value 0.001 dibandingkan kelompok kontrol.
Kesimpulan: Model edukasi teka-teki silang berbasis android layak dan penerapannya efektif sebagai upaya peningkatan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi pada anak sekolah dasar dibandingkan kelompok kontrol.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
EFA NURIZZA
|
---|---|
Pengarang | |
NIM |
P1337425320008
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
19 + 0p.: ill.; 21 x 29cm.
|
Dilihat sebanyak |
1386
|
Penerbit | Terapis Gigi dan Mulut Magister Terapan Kesehatan : Semarang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|