Tugas Akhir DIII
PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DIBANDINGKAN DENGAN POP UP BOOK TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA TK PELANGI UJUNGRUSI TEGAL
XMLKesehatan gigi dan mulut sangat penting dalam kehidupan setiap orang termasuk anak-anak. Salah satu faktor yang menyebabkan masalah gigi dan mulut pada anak adalah faktor perilaku merawat kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Perilaku kesehatan akan lebih baik jika didasari oleh pengetahuan sehingga dapat mempengaruhi sikap dan perilaku pemeliharaan kesehatan. Pengetahuan tersebut dapat diperoleh dari penyuluhan kesehatan dengan berbagai media. Contoh penggunaan medianya yaitu dengan media flashcard dan pop up book. Flashcard adalah media pembelajaran berupa kartu gambar yang panjangnya seukuran kartu pos. Pop up book adalah buku yang dapat bergerak, berisi bagian-bagian kertas yang tampak atau bergerak saat dibuka dan benar-benar terlipat saat buku ditutup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektivitas penyuluhan menggunakan media flashcard dibandingkan dengan pop up book terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa TK Pelangi Ujungrusi, Tegal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimental dengan menggunakan metode eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini menggunakan populasi sampling dengan jumlah seluruh populasi 30 siswa. Hasil data penelitian ditampilkan dalam bentuk tabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop up book lebih efektif dibandingkan flashcard terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa TK Pelangi Ujungrusi, Tegal, ditandai dengan selisih rata-rata skor pengetahuan dan OHI-S yang lebih tinggi pada kelompok media pop up book dibandingkan dengan media flashcard.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
ASY-SYAFA NURUNNISA SALSABIILA
|
---|---|
Pengarang | |
NIM |
P1337425119065
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
12 + 71p.: 21 x 30cm.
|
Dilihat sebanyak |
906
|
Penerbit | DIII Keperawatan Gigi Semarang : Semarang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|