Detail Cantuman

Image of PERBEDAAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI DAN MEDIA SLIDE TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI SD SRAGEN

Tugas Akhir DIII

PERBEDAAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI DAN MEDIA SLIDE TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI SD SRAGEN

XML

Permasalahan penyakit gigi dan mulut khususnya gigi berlubang pada Provinsi Jawa Tengah adalah 37,38%. Upaya untuk mengurangi masalah kesehatan gigi yaitu meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Hal yang mendukung tercapainya peningkatan pengetahuan yaitu memberikan penyuluhan menggunakan video animasi dan media slide. Kedua media tersebut dapat memberikan ketertarikan anak terhadap materi yang dipelajarinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut anak menggunakan video animasi dan media slide pada siswa kelas 5 SD.
Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode pretest postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sejumlah 30 responden. Penelitian dianalisis dengan distribusi frekuensi lalu disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Instrumen yang digunakan adalah video animasi dan media slide dengan variabel pengaruhnya penyuluhan dengan video animasi dan media slide dan variabel terpengaruhnya adalah pengetahuan terhadap kesehatan gigi dan mulut.
Hasil penelitian tingkat pengetahuan siswa sebelum dilakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut menggunakan video animasi dengan kriteria cukup (80%) dan sesudahnya dengan kriteria cukup (53%), sedangkan sebelum dilakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut menggunakan media slide dengan kriteria cukup (80%) dan sesudahnya dengan kriteria baik (60%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan menggunakan video animasi dan media slide. Penggunaan media slide lebih besar pengaruhnya dibandingkan video animasi terhadap tingkat pengetahuan.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
MAYA HASRI BUDI UTAMI
Pengarang
MAYA HASRI BUDI UTAMI - Pengarang Utama
NIM
P1337425119050
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xii + 50p.: ill.; 21 x 33cm.
Dilihat sebanyak
1152
Penerbit DIII Keperawatan Gigi Semarang : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
MAYA HASRI BUDI UTAMI. (2022).PERBEDAAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI DAN MEDIA SLIDE TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI SD SRAGEN().Semarang:DIII Keperawatan Gigi Semarang

MAYA HASRI BUDI UTAMI.PERBEDAAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI DAN MEDIA SLIDE TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI SD SRAGEN().Semarang:DIII Keperawatan Gigi Semarang,2022.Tugas Akhir DIII

MAYA HASRI BUDI UTAMI.PERBEDAAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI DAN MEDIA SLIDE TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI SD SRAGEN().Semarang:DIII Keperawatan Gigi Semarang,2022.Tugas Akhir DIII

MAYA HASRI BUDI UTAMI.PERBEDAAN PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI DAN MEDIA SLIDE TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI SD SRAGEN().Semarang:DIII Keperawatan Gigi Semarang,2022.Tugas Akhir DIII



Dirujuk oleh 0 dokumen