Tugas Akhir DIII
FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KERJA PETUGAS REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SALATIGA
XMLKepuasan kerja adalah hasil dari persepsi seseorang mengenai seberapa baik pekerjaan mereka memberikan apa yang mereka harapkan. Dari pernyataan tersebut memiliki arti perasaan puas yang dirasakan oleh masing-masing individu akan berbeda satu sama lain, tergantung hasil yang diperoleh dengan ekspektasi dan harapan yang dimiliki oleh orang tersebut. Namun, kepuasan kerja ini dapat diukur salah satunya dengan mengidentifikasi faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik seperti dalam teori dua faktor Federick Herzberg. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk kepuasan kerja petugas rekam medis Rumah Sakit Umum Daerah Kota Salatiga.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan membagikan kuesioner ke 30 petugas rekam medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Salatiga. Hasil kuesioner kemudian dianalisis menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) dengan pendekatan Principal Component Analysis untuk dapat mengetahui lebih jelas faktor-faktor pembentuk kepuasan kerja.
Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor kepuasan kerja petugas rekam medis Rumah Sakit Umum Daerah Kota Salatiga didominasi oleh faktor intrinsik yaitu faktor yang berkaitan dengan pengakuan, pekerjaan itu sendiri, tanggung jawab, dan yang paling berpengaruh adalah keingin serta peluang untuk maju. Sedangkan dari faktor ekstrinsik berkaitan dengan kebijakan administratif rumah sakit, hubungan intrapersonal, dan supervisi.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
SHYNTIA ATHINA NUR ABDUL AZIS
|
---|---|
Pengarang |
SHYNTIA ATHINA NUR ABDUL AZIS - Pengarang Utama
Elise Garmelia - First Advisor Subinarto - First Examiner Yosep Aditya Wicaksono - Second Examiner |
NIM |
P1337437119006
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
14 + 91p.: 21 x 30cm.
|
Dilihat sebanyak |
956
|
Penerbit | DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Semarang : Semarang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|