
Skripsi D IV
KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU LAYANAN KESEHATAN GIGI PADA POLI GIGI KLINIK PRATAMA MARDI MULYA IVKOTA SEMARANG
XML
Meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai kesehatan, akan mengakibatkan tuntutan peningkatan pelayanan kesehatan. Salah satu upaya mengantisipasi keadaan tersebut dengan menjaga mutu kualitas pelayanan. Semakin baik kualitas mutu layanan kesehatan diharapkan dapat mengingkat pula kepuasan pasien yang berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu layanan kesehatan gigi terhadap kepuasan pasien pada poli gigi Klinik Pratama Mardi Mulya IV Kota Semarang.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah 40 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian berupa kuesioner mutu layanan kesehatan gigi dan kuesioner kepuasan pasien. Analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan uji Kendal’s Tau dengan ? = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan 82,5% pasien menyatakan mutu layanan kesehatan gigi sangat baik dan 60% pasien puas terhadap mutu layanan kesehatan gigi. Berdasarkan uji statistik didapatkan p value = 0.010 dengan nilai OR = 0,320, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara mutu layanan kesehatan gigi terhadap kepuasan pasien di Klinik Pratama Mardi Mulya IV Kota Semarang.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
NURUL HIDAYAH
|
---|---|
Pengarang | |
NIM |
P1337425221052
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
x + 72p.: 21 x 30cm.
|
Dilihat sebanyak |
592
|
Penerbit | DIV Keperawatan Gigi Semarang : Semarang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|