Detail Cantuman

Image of HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI KEPERAWATAN POLTEKKES SEMARANG

Skripsi D IV

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI KEPERAWATAN POLTEKKES SEMARANG

XML

ABSTRAK
HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI KEPERAWATAN MAGELANG POLTEKKES SEMARANG
Vanny Aninda Cahya Mentari1, Angga Sugiarto2, Suyanta3
1) Mahasiswa program studi Sarjana Terapan Keperawatan Magelang Poltekkes Kemenkes Semarang
2) dan 3) Dosen Keperawatan Magelang Poltekkes Kemenkes Semarang
E-mail : vannyaninda@gmail.com
Latar Belakang : Mahasiswa merupakan individu pada masa remaja akhir sampai dewasa muda (fase peralihan) yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi, baik perguruan tinggi swasta maupun negeri. Fase peralihan atau pembentukan diri membuat mahasiswa cemas. Kecemasan dalam proses pembelajaran menyebabkan berkurangnya kemampuan individu untuk mengingat kembali pembelajaran sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar. Hasil belajar atau prestasi akademik dapat menjadi tolak ukur pencapaian keberhasilan mahasiswa. Prestasi akademik juga dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar. Motivasi memiliki fungsi yang sangat penting dalam belajar karena motivasi mampu mendorong perilaku mahasiswa untuk memperoleh prestasi akademik yang baik.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dan motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa Prodi Keperawatan Magelang Poltekkes Semarang.
Metode : Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2022, metode korelasional dengan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan yaitu Zung Self Rating Anxiety Scale, instrument yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar yaitu kuesioner motivasi belajar, serta untuk prestasi akademik dalam penelitian ini indeks prestasi kumulatif didapatkan dari pihak adak Prodi Keperawatan Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah sampel 107.
Hasil : Hasil uji statistik menggunakan kendall tau dengan p value 0,00 < 0,05 menunjukkan ada hubungan tingkat kecemasan dengan prestasi akademik pada mahasiswa Prodi Keperawatan Magelang serta hasil uji statistik menggunakan kendall tau dengan p value 0,00 < 0,05 menunjukkan ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa Prodi Keperawatan Magelang.
Kesimpulan : Ada hubungan tingkat kecemasan dengan prestasi akademik pada mahasiswa Prodi Keperawatan Magelang Poltekkes Semarang serta ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa Prodi Keperawatan Magelang Poltekkes Semarang.

Kata kunci : mahasiswa, tingkat kecemasan, motivasi belajar, prestasi akademik


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
VANNY ANINDA CAHYA MENTARI
Pengarang
VANNY ANINDA CAHYA MENTARI - Pengarang Utama
Angga Sugiarto - First Advisor
Suyanta, S.Pd, S.Kep, MA - Second Advisor
Sunarmi, S.ST., M.Kes - First Examiner
NIM
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
15 + 56p.: ill.; 5 x 6cm.
Dilihat sebanyak
1626
Penerbit DIV Keperawatan Magelang : Magelang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
VANNY ANINDA CAHYA MENTARI. (2022).HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI KEPERAWATAN POLTEKKES SEMARANG().Magelang:DIV Keperawatan Magelang

VANNY ANINDA CAHYA MENTARI.HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI KEPERAWATAN POLTEKKES SEMARANG().Magelang:DIV Keperawatan Magelang,2022.Skripsi D IV

VANNY ANINDA CAHYA MENTARI.HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI KEPERAWATAN POLTEKKES SEMARANG().Magelang:DIV Keperawatan Magelang,2022.Skripsi D IV

VANNY ANINDA CAHYA MENTARI.HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI KEPERAWATAN POLTEKKES SEMARANG().Magelang:DIV Keperawatan Magelang,2022.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen