
Tugas Akhir DIII
GAMBARAN HUBUNGAN KARIES GIGI DENGAN STATUS GIZI SISWA USIA 10-12 TAHUN DI SD NEGERI CIOMAS KABUPATEN BREBES
XML
Gigi merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia berfungsi sebagai alat pencernaan makanan, estetik dan komunikasi. Masalah kesehatan gigi yang paling banyak di jumpai adalah karies gigi. Menurut data Riskesdas tahun 2018, karies menjadi masalah kesehatan gigi terbanyak sebesar 45,3%. Kerusakan gigi akan menimbulakan rasa sakit sehingga dapat mempengaruhi kualitas tidur dan kualitas makan. Kualitas makan akan mempengaruhi kualitas gizi yang diterima. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2018, di Indonesia sebesar 17,7 % anak mempunyai status gizi yang buruk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Karies gigi dengan status gizi.
Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan dengan cara observasi pemeriksaan karies gigi, pengukuran tinggi badan serta berat badan dan wawancara yang dilakukan pada 26 sampel dari 101 populasi yang diambil menggunakan teknik Purvosif sampel. Sampel merupakan siswa kelas 4-6 yang berusia 10-12 tahun yang masing-masing kelas di bagi rata di SD Negeri Ciomas Kabupaten Brebes yang memenuhi kriteria.
Hasil penelitian menunjukkan angka karies gigi sebagian besar responden memiliki krietria sedang 41 % dan semua responden memiliki status gizi baik. Hasil karies gigi sedang dengan status gizi baik sebesar 42%. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan semua responden yang memiliki status gizi sedang, rendah dan sangat rendah memiliki status gizi yang baik.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
ANIDA PERMATASARI FATMANINGRUM
|
---|---|
Pengarang |
ANIDA PERMATASARI FATMANINGRUM - Pengarang Utama
Hermien Nugraheni - First Advisor Wahyu Jati Dyah Utami - Second Advisor |
NIM |
P1337425119029
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
10 + 43p.: ill.; 21 x 29cm.
|
Dilihat sebanyak |
324
|
Penerbit | DIII Keperawatan Gigi Semarang : Semarang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|