Tugas Akhir DIII
ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEFISIT PENGETAHUAN PADA REMAJA DENGAN DISMENORE DI DESA TEGALWANGI KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL
XMLLatar Belakang – Dismenore adalah nyeri haid yang dirasakan di bagian perut bagian bawah dan menjalar sampai ke panggul yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kurangnya pengetahuan wanita khususnya remaja mengenai kesehatan reproduksi bisa menimbulkan salah persepsi bahkan dalam berperilaku khususnya dalam mengatasi nyeri haid. Perilaku penanganan dismenore yang dilakukan remaja putri masih tergolong kurang. Melalui pendidikan kesehatan diharapkan akan menambah Pengetahuan remaja sehingga akan mempengaruhi sikap yang positif untuk menangani dismenore.
Tujuan – Menggambarkan pelaksanaan Asuhan Keperawatan Defisit Pengetahuan Pada Remaja Dengan Dismenore Di Desa Tegalwangi Kecamatan Talang Kabupaten Tegal
Metoda – Penulis menggunakan metode deskriptif dengan studi kasus, dilakukan pengkajian obesrvasi Defisit Pengetahuan dan Keluarga tentang pengetahuan, sikap dan perilaku dalam menghadapi Defisit Pengetahuan. Metode ini diterapkan pada dua partisipan dengan dismenore. Data ini diperoleh dengan cara : wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, kuesioner dan dokumentasi
Hasil – Diagnosa yang muncul adalah Defisit Pengetahuan. Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 4 hari didapatkan masalah defisit pengetahuan pada kedua partisipan membaik dengan hasil partisipan 1 untuk sikap dan pengetahuan skor 8 sedangkan partisipan 2 untuk sikap 8 dan pengetahuan skor 9. Melalui pendidikan kesehatan tentang dismenore pengetahuan serta sikap menangani dismenore kedua klien mengalami peningkatan.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
PUTRI ATIKA NURANI
|
---|---|
Pengarang |
PUTRI ATIKA NURANI - Pengarang Utama
Deddy Utomo - First Advisor Tinah Purwaningsih - First Examiner Maria Ulfah - Second Examiner |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xiv + 108p.: ill.; 18 x 24cm.
|
Dilihat sebanyak |
1345
|
Penerbit | DIII Keperawatan Tegal : Kendal., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|