
Skripsi D IV
ANALISA HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG COVID-19 TERHADAP PENERIMAAN VAKSIN COVID-19
XML
Latar Belakang: Vaksinasi COVID-19 adalah cara yang efektif dan aman dalam mencegah morbiditas dan mortalitas akibat COVID-19 terutama pada kelompok rentan seperti ibu hamil. Keberhasilan program vaksinasi bergantung pada efikasi vaksin dan penerimaan vaksin. Penerimaan vaksin COVID-19 yang tinggi mungkin berkaitan dengan tingkat pengetahuan terkait COVID-19. Tujuan: menganalisa hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang COVID-19 terhadap penerimaan vaksin COVID-19 di Puskesmas Kedung Banteng Kabupaten Banyumas. Metode: pendekatan cross-sectional yang dilaksanakan di Puskesmas Kedung Banteng Kabupaten Banyumas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden adalah 72 ibu hamil trimester 2 maupun 3. Dalam penelitian ini menggunakan 2 instrumen yang disusun oleh peneliti, yaitu kuesioner tingkat pengetahuan tentang COVID-19 dan kuesioner penerimaan vaksin COVID-19. Analisa data menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil: Hasil uji statistik Spearman Rank menunjukkan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang COVID-19 terhadap penerimaan vaksin COVID-19 dengan p value < 0,01 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,597. Semakin baik tingkat pengetahuan ibu tentang COVID-19, maka akan semakin tinggi penerimaan vaksin. Rekomendasi: Diharapkan pemerintah dapat memaksimalkan strategi untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang COVID-19 agar penerimaan vaksin COVID-19 yang tinggi dapat tercapai serta herd immunity dapat terbentuk.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
NABILA PEARL FIRDAUS
|
---|---|
Pengarang |
NABILA PEARL FIRDAUS - Pengarang Utama
Dina Indrati DS - First Advisor Dra.Desak Parwati,Skep.Ns.MKes - Second Advisor Kurniati Puji Lestari - First Examiner |
NIM |
P1337420618086
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xiii + 105p.: 21 x 29cm.
|
Dilihat sebanyak |
529
|
Penerbit | DIV Keperawatan Semarang : Semarang., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|