Detail Cantuman

Image of HYGIENE PERORANGAN PEDAGANG NASI GORENG DI JALAN DIPONEGORO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

Tugas Akhir DIII

HYGIENE PERORANGAN PEDAGANG NASI GORENG DI JALAN DIPONEGORO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

XML

Latar belakang; Makanan dikonsumsi harus sehat, aman, hygiene, dan terhindar bahan pencemar. Nasi goreng merupakan makanan populer di Indonesia, kebersihan penjamah makanan dapat mencemari bahan pangan nasi goreng, sehingga hygiene perorangan dalam pengolahan makanan penting. Penyakit akibat makanan diantaranya disumbang penjamah makanan pedagang kaki lima, salah satu penyebabnya adalah hygiene penjamah makanan kurang baik. Tujuan penelitian memperoleh gambaran hygiene perorangan pedagang nasi goreng di Jalan Diponegoro Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang tahun 2022. Metode penelitian, jenis penelitian deskriptif pendekatan survei. Subjek yang diteliti sebanyak 5 pedagang nasi goreng. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian, penilaian hygiene perorangan pedagang nasi goreng didapatkan rata-rata skor dari 3 waktu, kebersihan diri seluruh pedagang baik, pedagang A, C, dan E 100%, pedagang B dan D 80%. Kesehatan badan seluruh pedagang baik skor 100%. Perilaku penanganan makanan 4 pedagang kurang baik, 1 pedagang cukup, pedagang A 52%, pedagang B 50%, pedagang C 60%, pedagang D dan E 55%. Perlengkapan kerja 3 pedagang tidak baik, 2 pedagang kurang baik, pedagang A dan D 22%, pedagang C dan E 44%, pedagang B 29%. Fasilitas sanitasi 3 pedagang tidak baik, 1 pedagang baik, 1 pedagang kurang baik, pedagang A, B, dan D 39%, pedagang C 94%, pedagang E 44%. Pengetahuan hygiene perorangan 4 pedagang cukup dan 1 pedagang baik, skor terendah 61% dan tertinggi 78%. Simpulan, kebersihan diri dikategorikan baik dengan rata-rata skor 92%, kondisi kesehatan badan dikategorikan baik dengan rata-rata skor 100%, perilaku penanganan makanan dikategorikan kurang baik dengan rata-rata skor 54%, perlengkapan kerja dikategorikan tidak baik dengan rata-rata skor 32%, fasilitas sanitasi dikategorikan kurang baik dengan rata-rata skor 51%, pengetahuan pedagang dikategorikan cukup dengan rata-rata skor 69%. Perlu dilakukan perbaikan kebersihan diri, perilaku penanganan makanan, perlengkapan kerja, fasilitas sanitasi, dan pengetahuan.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
NURUL AINI RIZKIANA
Pengarang
NURUL AINI RIZKIANA - Pengarang Utama
Djamaluddin Ramlan - First Advisor
Zaeni Budiono, BE., S.IP., M.Si - First Examiner
Sugeng Abdullah - Second Examiner
NIM
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xviii + 95p.: 20 x 30cm.
Dilihat sebanyak
615
Penerbit DIII Sanitasi : Purwokerto.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
NURUL AINI RIZKIANA. (2022).HYGIENE PERORANGAN PEDAGANG NASI GORENG DI JALAN DIPONEGORO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022().Purwokerto:DIII Sanitasi

NURUL AINI RIZKIANA.HYGIENE PERORANGAN PEDAGANG NASI GORENG DI JALAN DIPONEGORO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022().Purwokerto:DIII Sanitasi,2022.Tugas Akhir DIII

NURUL AINI RIZKIANA.HYGIENE PERORANGAN PEDAGANG NASI GORENG DI JALAN DIPONEGORO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022().Purwokerto:DIII Sanitasi,2022.Tugas Akhir DIII

NURUL AINI RIZKIANA.HYGIENE PERORANGAN PEDAGANG NASI GORENG DI JALAN DIPONEGORO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022().Purwokerto:DIII Sanitasi,2022.Tugas Akhir DIII



Dirujuk oleh 0 dokumen