Tugas Akhir DIII
ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN GANGGUAN RASA NYAMAN: HIPERTERMI PADA DEMAM BERDARAH DENGUE DI RS MITRA SIAGA TEGAL
XMLLatar belakang: Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit yang penyebarannya sangat cepat, karena agen penyebab penyakit berupa virus dengue masuk kedalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang dapat menyebabkan permasalahan pada tubuh anak yaitu hipertermi. Untuk mencegah resiko komplikasi yang lain maka hipertermi harus segera diatasi dengan cepat agar kebutuhan pasien tidak terganggu.
Metoda : Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penulis mendiskripsikan dengan cara menganalisa pelaksanaan asuhan keperawatan pada anak dengan pengelolaan gangguan rasa nyaman. Subjek yang penulis gunakan adalah dua anak penderita Demam Berdarah Dengue dengan masalah hipertermi, data yang diperoleh dengan observasi, wawancara, pemeriksaan fisik, rekam medis dan pemeriksaan diagnostik.
Hasil : Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3x pertemuan pada kedua responden yang disusun secara ONEK meliputi observasi tanda-tanda vital, lakukan pendinginan eksternal misalnya kompres air hangat, berikan cairan oral, anjurkan tirah baring serta kolaborasikan untuk pemberian antipiretik sesuai advis dokter didapatkan hasil suhu tubuh yang menurun pada pasien pertama 36, 5℃ dan pada pasien kedua 36,4℃.
Simpulan : Asuhan Keperawatan yang telah dilakukan berhasil dalam mengatasi
Hipertermi dengan melakukan tindakan sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan, salah satunya bisa dengan melakukan kompres hangat atau dengan tindakan kolaborasi pemberian obat paracetamol.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
FITRI SALMAH
|
---|---|
Pengarang |
FITRI SALMAH - Pengarang Utama
Suparjo - First Advisor Nurcholis - First Examiner Gayuh siska L. - Second Examiner |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xv + 59p.: 21 x 30cm.
|
Dilihat sebanyak |
1089
|
Penerbit | DIII Keperawatan Tegal : Kendal., 2022 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|