Detail Cantuman

Image of PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI PADA ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR

Skripsi D IV

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI PADA ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR

XML

Latar Belakang: Awal dari masa pubertas seorang wanita adalah menarche (menstruasi pertama) yang terjadi pada masa awal remaja dalam rentan usia 10-16 tahun sebelum memasuki masa reproduksi. Hasil wawancara yang dilakukan pada 15 siswi yang belum menarche, 70% mengatakan kurang mengetahui tentang menstruasi sedangkan 30% lainnya mengatakan kurang siap. Pendidikan kesehatan menggunakan media video animasi adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tentang pengetahuan menstruasi pada anak pra pubertas.
Tujuan: Diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan video animasi terhadap tingkat pengetahuan tentang menstruasi pada Anak Kelas V Sekolah Dasar di MIN 2 Tegal.
Metode: Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan rancangan desain eksperimen sederhana (One Group Pretest Posttest). Sampel penelitian 38 siswi kelas V (A dan B). Instrumen penelitian berupa kuisioner pengetahuan tentang menstruasi. Alat bantu promosi kesehatan berupa media video animasi. Analisa data menggunakan menggunakan uji paired t test.
Hasil:.Ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media video animasi terhadap tingkat pengetahuan tentang menstruasi pada siswi kelas V di MIN 2 Tegal. Berdasarkan hasil uji paired t test diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Tingkat pengetahuan tentang menstruasi sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan media video animasi yaitu kategori baik hanya ada 9 siswi (23,7%) dan tingkat pengetahuan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan media video animasi yaitu kategori baik meningkat menjadi 13 siswi (34,2%). Rata-rata nilai siswa sebelum diberikan pendidikan kesehatan dengan media video animasi yaitu 70,92 dan nilai siswa sudah diberikan media video animasi yaitu 80. Selisih nilai pretest dan posttest adalah 9,08.
Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan video terhadap tingkat pengetahuan tentang menstruasi pada anak kelas V sekolah dasar di MIN 2 Tegal.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
ATRIA KURNIAWATI
Pengarang
NIM
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
ix + 0p.: 0 x 0cm.
Dilihat sebanyak
1556
Penerbit DIV Kebidanan Magelang : Magelang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
ATRIA KURNIAWATI. (2020).PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI PADA ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR().Magelang:DIV Kebidanan Magelang

ATRIA KURNIAWATI.PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI PADA ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR().Magelang:DIV Kebidanan Magelang,2020.Skripsi D IV

ATRIA KURNIAWATI.PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI PADA ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR().Magelang:DIV Kebidanan Magelang,2020.Skripsi D IV

ATRIA KURNIAWATI.PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI PADA ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR().Magelang:DIV Kebidanan Magelang,2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen