Detail Cantuman

Image of PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA PENYULUHAN RUANG BERCERITA DIBANDINGKAN DENGAN KOMEDI PUTAR GIGIKU TERHADAP PENGETAHUAN GIGI BERLUBANG PADA SISWA RA AL MUAWANAH DUKUH GEMPOL KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES

Tugas Akhir DIII

PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA PENYULUHAN RUANG BERCERITA DIBANDINGKAN DENGAN KOMEDI PUTAR GIGIKU TERHADAP PENGETAHUAN GIGI BERLUBANG PADA SISWA RA AL MUAWANAH DUKUH GEMPOL KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES

XML

Salah satu penyebab timbulnya masalah kesehatan gigi pada anak adalah faktor perilaku yaitu kondisi anak yang mengabaikan kebersihan gigi dan mulut. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Penyuluhan kesehatan gigi juga dapat dilakukan sebagai variasi belajar di sekolah yang ditujukan agar siswa mampu dan memahami cara meningkatkan kesehatan gigi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan efektivitas ruang bercerita dan komedi putar gigiku terhadap pengetahuan tentang kesehatan gigi dan diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang gigi berlubang pada siswa RA Al Muawanah Dukuh Gempol kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes.
Jenis penelitian mengguakan rancangan penelitian quasi exsperiment, dengan desain pretest dan posttest design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media ruang becerita dan komedi putar gigiku terhadap pengetahuan anak. Populasi dari penelitian ini terdiri dari seluruh siswa RA Al Muawanah Dukuh Gempol sebanyak 28 siswa/i. Instrument penelitian menggunakan soal kuisioner. Analisis data dengan menggunakan tabulasi silang.
Hasil menunjukkan terdapat perubahan pengetahuan pada siswa dengan rata-rata hasil dari nilai pretest-posttest pada media ruang bercerita dan komedi putar gigiku sebelumnya dengan kategori cukup (55,3) dan setelah diberikan penyuluhan dengan media komedi putar gigiku sebesar (100) dengan kategori baik sedangkan media ruang bercerita nilai rata-ratanya sebesar (80,7) dengan kategori baik juga namun media komedi putar gigiku lebih efektif karena memiliki gambar, warna yang menarik dan benda yang bisa digerakkan.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
GHANIA LULU WULANDARI
Pengarang
Irmanita Wiradona - First Advisor
Suwarsono - Second Advisor
Dr. drg. Supriyana, M.Pd - First Examiner
NIM
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
58 + xiip.: ill.; 21 x 29cm.
Dilihat sebanyak
1262
Penerbit DIII Keperawatan Gigi Semarang : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
Irmanita Wiradona. (2021).PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA PENYULUHAN RUANG BERCERITA DIBANDINGKAN DENGAN KOMEDI PUTAR GIGIKU TERHADAP PENGETAHUAN GIGI BERLUBANG PADA SISWA RA AL MUAWANAH DUKUH GEMPOL KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES().Semarang:DIII Keperawatan Gigi Semarang

Irmanita Wiradona.PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA PENYULUHAN RUANG BERCERITA DIBANDINGKAN DENGAN KOMEDI PUTAR GIGIKU TERHADAP PENGETAHUAN GIGI BERLUBANG PADA SISWA RA AL MUAWANAH DUKUH GEMPOL KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES().Semarang:DIII Keperawatan Gigi Semarang,2021.Tugas Akhir DIII

Irmanita Wiradona.PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA PENYULUHAN RUANG BERCERITA DIBANDINGKAN DENGAN KOMEDI PUTAR GIGIKU TERHADAP PENGETAHUAN GIGI BERLUBANG PADA SISWA RA AL MUAWANAH DUKUH GEMPOL KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES().Semarang:DIII Keperawatan Gigi Semarang,2021.Tugas Akhir DIII

Irmanita Wiradona.PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA PENYULUHAN RUANG BERCERITA DIBANDINGKAN DENGAN KOMEDI PUTAR GIGIKU TERHADAP PENGETAHUAN GIGI BERLUBANG PADA SISWA RA AL MUAWANAH DUKUH GEMPOL KECAMATAN BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES().Semarang:DIII Keperawatan Gigi Semarang,2021.Tugas Akhir DIII



Dirujuk oleh 0 dokumen