Tugas Akhir DIII
‘’EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAAN GIGI DAN MULUT DENGAN MEDIA VIDEO MELALUI WHATSAPP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA TANDAI ATEH, KECAMATAN SANGIR, KABUPATEN SOLOK SELATAN’
XMLSalah satunya faktor tingginya angka penyakit gigi dan mulut adalah perilaku
masyarakat yang belum menyadari pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut.
Keterampilan menggosok gigi memiliki peran penting dalam mencegah penyakit gigi dan
mulut. Untuk meningkatkan keterampilan menggosok gigi dibutuhkan pendidikan
kesehatan. Media pendidikan menentukan efektivitas belajar anak serta dapat
meningkatkan pengetahuan pada anak.
Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan
menggunakan media video melalui whatsapp dalam meningkatkan keterampilan
menggosok gigi pada anak usia sekolah dasar. Desain Penelitian yaitu Quasi Eksperimen
dengan pendekatan Pre- Post Test Design, jumlah sampel sebanyak 32 orang yang diambil
secara Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi
keterampilan menggosok gigi.
Hasil Penelitian keterampilan menggosok gigi sebelum diberikan pendidikan
dengan kriteria baik 4 orang (12,5%) sedang 22 orang (68,75%) dan buruk 6 orang
(18,75%) setelah diberikan pendidikan mengalami peningkatan yaitu kriteria baik 23
orang (71,9%) sedang 9 orang (28,1%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa, media video melalui whatsapp efektif dalam meningkatkan keterampilan
menggosok gigi. Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan gigi dan mulut dengan media
video melalui WhatsApp diharapkan anak usia sekolah dasar mampu menggosok gigi
dengan baik dan benar.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
ELA FITRIANTI
|
---|---|
Pengarang |
ELA FITRIANTI - Pengarang Utama
Supriyana - First Advisor Sariyem - Second Advisor Sukini - First Examiner |
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
11 + 0p.: 3 x 4cm.
|
Dilihat sebanyak |
1100
|
Penerbit | DIII Keperawatan Gigi Semarang : Semarang., 2021 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|