Detail Cantuman

Image of PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI PADA PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN SADARI DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN CERAMAH

Skripsi D IV

PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI PADA PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN SADARI DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN CERAMAH

XML

SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) adalah salah satu cara deteksi dini kanker payudara yang mudah dilakukan, namun kesadaran wanita melakukan SADARI masih sangat rendah. Penderita kanker payudara dengan stadium lanjut estimasi 70% berkunjung ke fasilitas kesehatan (Yayasan Kanker Payudara Indonesia 2018).
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri pada pemberian pendidikan kesehatan SADARI dengan metode demonstrasi dan ceramah.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Driyorejo, Gresik. Metode penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group One Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan Stratified Random Sampling. Analis data menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan SADARI dengan metode demonstrasi dengan nilai p-value 0,001 < (0,05), ada pengaruh tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri sebeum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan SADARI dengan metode ceramah dengan nilai p-value 0,001 < (0,05), ada perbedaan signifikan tingkat pengetahuan remaja putri pada pemberian pendidikan kesehatan SADARI dengan metode demonstrasi dan ceramah dengan nilai p-value 0,015 < (0,05) dan tidak ada perbedaan signifikan sikap remaja putri pada pemberian pendidikan kesehatan SADARI dengan metode demonstrasi dan ceramah dengan nilai p-value 0,491 > 0,05. Dari hasil penelitian ini diharapkan siswi mampu melakukan SADARI secara teratur dan benar sesuai dengan 6 langkah SADARI sebagai deteksi dini kanker payudara, dan pihak sekolah menerapkan metode ceramah dan demonstrasi dalam kegiatan belajar mengajar.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
RATNA NUR KUMALA
Pengarang
RATNA NUR KUMALA - Pengarang Utama
Mimi Ruspita, SSiT, M.Kes - First Advisor
Elisa Ulfiana - Second Advisor
DRS. NGADIYONO, S.KP, NS, M.HKES - First Examiner
NIM
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XIII + -p.: ill.; 23 x 28cm.
Dilihat sebanyak
1113
Penerbit DIV Kebidanan Semarang : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
RATNA NUR KUMALA. (2021).PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI PADA PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN SADARI DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN CERAMAH().Semarang:DIV Kebidanan Semarang

RATNA NUR KUMALA.PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI PADA PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN SADARI DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN CERAMAH().Semarang:DIV Kebidanan Semarang,2021.Skripsi D IV

RATNA NUR KUMALA.PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI PADA PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN SADARI DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN CERAMAH().Semarang:DIV Kebidanan Semarang,2021.Skripsi D IV

RATNA NUR KUMALA.PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI PADA PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN SADARI DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN CERAMAH().Semarang:DIV Kebidanan Semarang,2021.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen