Tugas Akhir DIII
ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN DIARE DI RSUD KARDINAH KOTA TEGAL
XMLLatar belakang: Diare merupakan masalah yang sering muncul pada pasien gastroenteritis. Penangan diare bisa dilakukan sangat sederhana dan terjangkau, namun pada implementasi dalam kehidupan sehari-hari masih sangat kurangnya penatalaksanaan sesuai dengan standar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani anak dengan diare misalnya pemberian cairan rehidrasi oral atau yang biasa disebut dengan oralit.
Tujuan: Karya tulis ilmiah ini bertujuan memberi gambaran asuhan keperawatan diare pada pasien gastroenteritis di RSUD Kardinah Kota Tegal.
Metoda: Metoda yang digunakan menggunakan studi kasus observasi. Penelitian dilakukan selama minimal 3 hari perawatan di ruang anak RSUD Kardinah Kota Tegal kepada 2 pasien dengan masalah keperawatan diare.
Hasil: Pasien 1 dan pasien 2 mengalami diare dengan gejala yang sama yaitu anak tampak lemah, mukosa bibir kering, konjungtiva anemis dan tampak kemerahan pada area perinium namun terdapat perbedaan dimana pasien 1 bab cair tanpa ampas dan lendir sedangkan pasien 2 bab cair sedikit berampas dan berlendir.
Intervensi pada kedua pasien yaitu manajemen diare meliputi identifikasi penyebab diare, identifikasi riwayat pemberian makan, monitor warna dan volume serta frekuensi dan konsistensi tinja, monitor ulserasi kulit daerah perineal, berikan cairan oral, berikan cairan intravena. Anjurkan makan porsi kecil dan sering secara bertahap, dan kolaborasi pemberian obat. Dengan evaluasi yang didapat pasien 1 dan pasien 2 sama-sama tidak diare lagi pada hari ke-3.
Kata Kunci : Diare, Rehidrasi.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Suparjo, S.Kep.Ns, M.Kep dan Gayuh Siska L, M.Kep.,Sp.Kep.An
|
---|---|
Pengarang |
ZAHROTUL CHAYATI - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337421018099
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xii + 61.; Bibl.; llus.; 21 cm x 29,7 cm
|
Dilihat sebanyak |
1805
|
Penerbit | Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan KEMENKES Semarang : TEGAL., 2021 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |