Tesis
Pemanfaatan Aplikasi MiSIs-PreTy (Mindfulness Spiritual Islam for Prenatal ANxiety) Terhadap Kecemasan Menghadapi Persalinan dimasa Pandemi COVID-19
XMLLatar Belakang: Angka prenatal anxiety di Indonesia dilaporkan 28,7% ibu mengalami kecemasan. Efek Pandemi COVID-19 juga mempengaruhi psikologis ibu hamil sebesar 76,2%. Keseimbangan tubuh baik fisik, psikologis dan spiritual membuat ibu hamil mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Termasuk dalam menghadapi proses persalinan, ibu akan lebih yakin dan terhindar dari gangguan psikologis. Pemanfaatan teknologi informasi aplikasi android dalam pelayanan kebidanan dapat meningkatkan kualitas hidup ibu hamil dengan membantu memberikan intervensi secara mandiri.
Tujuan: Mengembangkan Aplikasi MiSIs-PreTy dengan mengetahui kelayakan Aplikasi dan efektivitas penurunan skor kecemasan menghadapi persalinan.
Metode Penelitian: Jenis Research and Development (R&D) dengan desain True Experiment Pre and Post Test with Control Group. Intervensi yang diberikan adalah pemanfaatan Aplikasi MiSIs-PreTy untuk penurunan kecemasan pada ibu hamil primipara Trimester III pada kelompok eksperimen selama 7 hari (durasi 30 menit) dan pemberian pendidikan kesehatan tentang persiapan persalinan pada kelompok kontrol positif. Sampel penelitian sebanyak 30 responden dan dilakukan randomisasi. Analisis data diuji menggunakan uji non- parametric Wilcoxon dan Mann Whitney.
Hasil : Uji validasi ahli terhadap kelayakan Aplikasi MiSIs-PreTy mendapatkan skor rata-rata sebesar 92,80% dengan melihat 6 aspek berdasarkan kualitas software ISO 9126 yaitu: usability, reliability, functionality, efficiency, maintainability dan portability. Uji coba pemberian intervensi pada kedua kelompok efektif menurunkan kecemasan (eksperimen p
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Tiyara Safitri
|
---|---|
Pengarang | |
NIM |
P1337424719058
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xviii + 114 hlm.; Bibl.;Ilus.;29 cm
|
Dilihat sebanyak |
1582
|
Penerbit | PRODI MAGISTER TERAPAN KEBIDANAN : Semarang., 2021 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |