Tugas Akhir DIII
PROSEDUR PEMERIKSAAN VERTEBRA LUMBOSACRAL PADA KASUS SPONDYLOLISTHESIS DI INSTALASI RADIOLOGI RSSUD K.R.M.T. WONGSONEGORO SEMARANG
XMLVertebra Lumbosacral yang merupakan bagian dari anggota gerak tubuh manusia yang berfungsi untuk
menyangga berat kepala, anggota gerak atas dan tulang panggul. Pemeriksaan radiografi lumbosacral
menurut Bontrager (2018), menggunakan proyeksi AP dan Lateral. Sedangkan pemeriksaan radiografi
lumbosacral di Instalasi Radiologi RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui prosedur pemeriksaan radiografi vertebra lumbosacral pada kasus spondylolisthesis dan alasan
hanya menggunakan proyeksi lateral hyperfleksi dan lateral hyperekstensi di Instalasi Radiologi RSUD
K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini
menggunakan enam responden yaitu tiga radiografer, satu dokter radiolog, satu dokter pengirim dan satu
pasien. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan interaktif model.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemeriksaan Radiografi Vertebra Lumbosacral pada Kasus
Spondylolisthesis hanya menggunakan proyeksi lateral hyperfleksi dan lateral hyperekstensi. Alasan hanya
menggunakan proyeksi lateral hyperfleksi dan lateral hyperekstensi karena untuk menganalisis dan melihat
spondylolisthesis, melihat kafitesis, dan melihat estabilitas tulang belakang yang menggunakan proyeksi
Lateral Hyperfleksi dan Lateral Hyperekstensi serta untuk mengetahui sejauh mana pergeseran tulang
belakang
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Dartini, SKM, M.Kes
|
---|---|
Pengarang |
NUR LAELI - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337430316079
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
XV + 9 hlm.; Bibl.; ilis.; 29 cm.
|
Dilihat sebanyak |
1208
|
Penerbit | Prodi DIII T. Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : PURWOKETO., 2019 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |