Detail Cantuman

Image of PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PETA BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA DI SDN SUDIRMAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

Skripsi Profesi

PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PETA BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA DI SDN SUDIRMAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

XML

PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PETA BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA DI SD SUDIRMAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG
Idza Melinda Paradita*, Lanny Sunarjo**,Endra Nastiti Donasari** ABSTRAK
Salah satu faktor penyebab timbulnya masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak yaitu faktor perilaku hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga diperlukannya metode penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan. Metode yang digunakan yakni demonstrasi dan metode pembelajaran menggunakan peta berpikir. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan metode pembelajaran demonstrasi dan peta berpikir terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa di SDN sudirman kecamatan ambarawa kabupaten semarang.
Jenis penelitian menggunakan rancangan penelitian quasi experiment dengan desain pretest dan posttest design. Populasi berjumlah 385, sampel dalam penelitian menggunakan Teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan suatu pertimbangan tertentu. Sampel berjumlah 50 siswa dibagi menjadi 2 kelompok A dan B dengan jumlah masing-masing 25 siswa. Analisa data menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dan uji manwhitney untuk mengetahui Perbedaan dari kedua metode pembelajaran tersebut.
Hasil uji Wilcoxon menunjukan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa meningkat setelah diberikan penyuluhan menggunakan metode demonstrasi dan peta berpikir. Hasil uji Manwhitney menunjukan nilai signifikan p kedua metode tersebut value sebesar 0,849 > (0,05), yang berarti bahwa metode demonstrasi dan peta berpikir sama-sama efektif dalam meningkatan pengetahuan siswa terhadap kesehatan gigi dan mulut.
Disarankan kepada pihak sekolah agar hasil penelitian ini dapat diaplikasikan kepada siswa sekolah dasar dalam kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.



Kata kunci : metode demonstrasi, peta berpikir, Siswa SD.
*) Mahasiswa Keperawatan Gigi Politeknik Kemenkes Semarang
**) Dosen Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Dr. drg. Lanny Sunarjo, MDSc dan dr. Endra Nastiti Donasari
Pengarang
IDZA MELINDA PARADITA - Pengarang Utama
NIM
P1337425219077
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
-
Dilihat sebanyak
1940
Penerbit : .,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
IDZA MELINDA PARADITA. (2020).PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PETA BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA DI SDN SUDIRMAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG().:

IDZA MELINDA PARADITA.PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PETA BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA DI SDN SUDIRMAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG().:,2020.Skripsi Profesi

IDZA MELINDA PARADITA.PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PETA BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA DI SDN SUDIRMAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG().:,2020.Skripsi Profesi

IDZA MELINDA PARADITA.PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PETA BERPIKIR TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA DI SDN SUDIRMAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG().:,2020.Skripsi Profesi



Dirujuk oleh 0 dokumen