Skripsi D IV
PERBEDAAN PENGARUH DENTAL HEALTH EDUCATION MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG GOLEK INTERAKTIF DAN LAGU MENGGOSOK GIGI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA SISWA KELAS II
XMLABSTRAK
Cahyaningtyas, S, 2020 “Perbedaan Pengaruh Dental Health Education Menggunakan Media Wayang Golek Interaktif dan Lagu Menggosok Gigi Terhadap Peningkatan Perilaku Menggosok Gigi Pada Siswa Kelas II”. Skripsi. Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Pembimbing : (I) Prasko, S.Si.T, M.H, (II) Tri Wiyatini, SKM, M.Kes (Epid).
Masalah Kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar umumnya terjadi karena adanya penumpukan plak dan perilaku mengabaikan kebersihan gigi dan mulut. Salah satu upaya untuk mengubah perilaku buruk tersebut adalah dengan Dental Health Education (DHE). Media dental health education yang menarik dan sesuai untuk anak usia sekolah dasar, di antaranya yaitu wayang golek interaktif dan lagu menggosok gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh dental health education menggunakan media wayang golek interaktif dan lagu menggosok gigi terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan tindakan menggosok gigi pada siswa kelas II .
Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media wayang golek interaktif dan lagu menggosok gigi, serta variabel terikat yaitu perilaku menggosok gigi yang terdiri atas pengetahuan, sikap, dan tindakan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest with two group design. Populasi yaitu 58 siswa /i MI Al-Maijah dan MI Akrimuddin. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Sampel yaitu 58 siswa MI AlMaijah dan MI Akrimuddin. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji wilcoxon dan uji Mann whitney
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa penggunaan media wayang golek interaktif dan lagu menggosok gigi mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan menggosok gigi pada siswa kelas II, dimana pengetahuan (p= 0,06), sikap (p= 0,021), tindakan (p= 0,001). Penggunaan media lagu menggosok gigi lebih efektif, hal ini didapatkan dari selisih rata-rata nilai peningkatan perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan) menggosok gigi pada kelompok media lagu menggosok gigi yang lebih besar dari kelompok media wayang golek interaktif.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Prasko, S.Si.T, M.H, dan Tri Wiyatini, SKM, M.Kes (Epid)
|
---|---|
Pengarang |
Siva Cahyaningtyas - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425216023
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xv+ 59 hlm.;Bibl.;ilus.;29 cm
|
Dilihat sebanyak |
1467
|
Penerbit | Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG., 2020 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |