Detail Cantuman

Image of STUDI LITERATUR : HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DINI DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN

Skripsi D IV

STUDI LITERATUR : HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DINI DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN

XML

Latar Belakang: Stimulasi adalah suatu hal yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Anak yang mendapatkan stimulasi terarah serta teratur akan mengalami perkembangan yang lebih cepat daripada anak yang kurang atau tidak mendapatkan stimulasi. Saat orang tua akan memberikan stimulasi secara optimal kepada anaknya, sangat penting bagi orang tua untuk memahami kapan dan bagaimana cara memberikan stimulasi pada anak.
Tujuan Kajian Literatur: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi artikel-artikel penelitian yang memaparkan hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi dini dengan tingkat perkembangan anak usia 1-5 tahun.
Metode Literature Review: Kajian literatur ini dilakukan dengan cara menganalisis jurnal penelitian yang terindeks nasional dan internasional seperti PubMed dan Google Scholar. Teknik analisis artikel penelitian yang digunakan dalam format tabel berisi penulis, judul, tahun, desain, sampel dan hasil. Kriteria inklusi dalam pencarian artikel terdiri dari jenis artikel penelitian asli dan dapat diakses dalam bentuk teks lengkap. Artikel mengandung variabel tingkat pengetahuan ibu, stimulasi dini dan perkembangan anak yang terdapat pada variabel independen, variabel dependen atau keduanya.
Hasil: Dari 11 artikel yang dianalisa terdapat 8 artikel yang menunjukkan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi dini dengan tingkat perkembangan anak usia 1-5 tahun, sedangkan 3 artikel lainnya menunjukkan tidak adanya hubungan antara tingkat pendidikan atau pengetahuan dengan tingkat perkembangan anak usia 1-5 tahun.
Kesimpulan: Pengetahuan yang baik tentang stimulasi dini akan mempengaruhi pemberian stimulasi terhadap perkembangan anak. Anak dengan ibu yang memiliki pengetahuan kurang akan mengalami resiko lebih besar mengalami keterlambatan perkembangan dibandingkan dengan anak yang memiliki ibu dengan pengetahuan yang baik.
Kata kunci : Pengetahuan ibu, stimulasi dini dan perkembangan anak.


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Titin Suheri, S.Kp., M.Sc. dan Lucia Endang Hartati. YK., S.Kp., MN
Pengarang
DHERYKA AGUSTIN - Pengarang Utama
NIM
P1337420616030
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
XIV + 79 hlm.; Bibl.; Ilus. 3 cm.
Dilihat sebanyak
532
Penerbit Prodi DIV Keperawatan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi

Lampiran Berkas

Citation
DHERYKA AGUSTIN. (2020).STUDI LITERATUR : HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DINI DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN().Semarang:Prodi DIV Keperawatan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

DHERYKA AGUSTIN.STUDI LITERATUR : HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DINI DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN().Semarang:Prodi DIV Keperawatan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV

DHERYKA AGUSTIN.STUDI LITERATUR : HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DINI DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN().Semarang:Prodi DIV Keperawatan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV

DHERYKA AGUSTIN.STUDI LITERATUR : HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DINI DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN().Semarang:Prodi DIV Keperawatan Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen