Detail Cantuman

Image of PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM PADA PELAYANAN PENAMBALAN GIGI DI PUSKESMAS 
KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON

Skripsi D IV

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM PADA PELAYANAN PENAMBALAN GIGI DI PUSKESMAS KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON

XML

ABSTRAK
Putri, A., 2020. “Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum pada Pelayanan Penambalan Gigi di Puskesmas Kedawung”. Skripsi. Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Pembimbing : (I) Irmanita Wiradona S.SiT, M.Kes, (II) Sukini, S.ST, M.HKes.

Kepuasan merupakan unsur yang penting bagi pasien dalam menggunakan suatu jasa layanan. Sikap masyarakat yang kritis terhadap pelayanan kesehatan menuntut penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan sehingga bisa meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan pasien umum pada pelayanan penambalan gigi di Puskesmas Kedawung.
Jenis penelitian yang digunakan Quasi Experiment dengan pendekatan pretest-postest two group. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 34 orang dengan teknik total sampling. Variabel bebas yaitu kualitas pelayanan. Variabel terikat yaitu kepuasan pasien BPJS dan umum. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dengan analisa gap dan uji Mann Whitney U-Test.
Hasil analisa gap pelayanan penambalan pasien BPJS dan umum menunjukkan hasil rata-rata dalam kategori cukup puas dengan persentase pasien BPJS sebesar 76,4% dan pada pasien umum sebesar 82,3%. Hasil menggunakan uji Mann-Whitney U-Test didapatkan hasil p Value > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan tingat kepusan pasien BPJS dan pasien umum pada pelayanan penambalan gigi.
Pelayanan penambalan gigi pada Puskesmas Kedawung yang sudah baik tetap dipertahankan dan ditingkatkan pelayanan yang kurang optimal.

Kata kunci : Kepuasan, Penambalan Gigi, BPJS, Umum


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Irmanita Wiradona, S.Si.T, M.Kes dan Sukini, S.ST, M.HKes
Pengarang
ASTRI PUTRI UTAMI AZHAR - Pengarang Utama
NIM
P1337425216009
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
xii + 43 hlm.; Bibl.; Ilus,; 29 cm.
Dilihat sebanyak
1159
Penerbit Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Polekkes Kemekes Semarang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
ASTRI PUTRI UTAMI AZHAR. (2020).PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM PADA PELAYANAN PENAMBALAN GIGI DI PUSKESMAS KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON().Polekkes Kemekes Semarang:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG

ASTRI PUTRI UTAMI AZHAR.PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM PADA PELAYANAN PENAMBALAN GIGI DI PUSKESMAS KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON().Polekkes Kemekes Semarang:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV

ASTRI PUTRI UTAMI AZHAR.PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM PADA PELAYANAN PENAMBALAN GIGI DI PUSKESMAS KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON().Polekkes Kemekes Semarang:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV

ASTRI PUTRI UTAMI AZHAR.PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM PADA PELAYANAN PENAMBALAN GIGI DI PUSKESMAS KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON().Polekkes Kemekes Semarang:Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG,2020.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen