
Tugas Akhir DIII
HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KARIES TERHADAP STATUS DMF-T PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA
XML
Karies merupakan suatu penyakit jaringan keras gigi yang disebabkan oleh aktifitas suatu jasad renik dalam suatu karbohidrat yang dapat diragikan. Untuk mengetahui penggambaran dari riwayat karies pada gigi permanen dapat diukur dengan Status DMF-T ( Decay Missing Filling Teeth) atau Indeks DMF-T. Penyebab terjadinya karies gigi bermacam-macam, salah satunya adalah pengetahuan terhadap masalah gigi khususnya karies masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa hubungan pengetahuan tentang karies terhadap status DMF-T pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kemangkon Kabupaten Purbalingga.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu 258 siswa dengan samper sebanyak 38 siswa dipilih secara teknik propotional random sampling. Pengetahuan tentang karies dinilai dengan kuesioner dan status DMF-T dinilai menggunakan indeks DMF-T. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan tabulasi silang.
Hasil penelitian menunjukan terdapat kecenderungan hubungan antara pengetahuan tentang karies dengan status DMF-T. Hasil analisis tabulasi silang yaitu 31,8% responden memiliki tingkat pengetahuan dan status DMF-T baik, 23,6% responden memiliki tingkat pengetahuan cukup dengan status DMF-T baik, dan 21% responden memiliki tingkat pengetahuan kurang dengan status DMF-T tidak baik. Hal tersebut menunjukkan semakin baik tingkat pengetahuan seseorang tentang karies maka semakin baik pula status DMF-Tnya demikian sebaliknya.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Yodong, S.SiT, MH.Kes dan drg. Ani Subekti, MDSc, Sp. KGA
|
---|---|
Pengarang |
Rizki Meilani - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425117036
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xi + 51 p.; Bibl.; Ilus.; 21 cm x 29 cm
|
Dilihat sebanyak |
719
|
Penerbit | D III Keperawatan Gigi : Semarang., 2020 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |