Skripsi D IV
PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MENGGOSOK GIGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SD SLB C YPLB DANYANG PURWODADI
XMLABSTRAK
Bota, E, 2020 “Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Puzzle Terhadap Peningkatan Pengetahuan Menggosok Gigi Anak Tunagrahita Ringan Di SD SLB C YPLB Danyang Purwodadi Tahun 2020”. Skripsi. Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Pembimbing : (I) drg. Iman Supardan, M.Kes, (II) dr. Endra Nastiti Donasari.
Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak tunagrahita perlu mendapatkan perhatian khusus sebab anak tunagrahita belum mampu secara mandiri untuk merawat kebersihan gigi dan mulut. Untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran serta kemampuan merawat kebersihan gigi dan mulut, diperlukan adanya tindakan pendidikan kesehatan gigi dan mulut melalui penyuluhan menggosok gigi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media puzzle terhadap peningkatan pengetahuan menggosok gigi anak tunagrahita ringan.
.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasy experiment. Populasi penelitian ini yaitu semua anak tunagrahita ringan di SD SLB C YPLB Danyang Purwodadi yang berjumlah 31 orang dan sample dalam penelitian ini adalah mencakup total populasi yaitu sebanyak 31 anak. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik wilcoxon. Signifikansi sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggosok gigi menggunakan media puzzle sebesar 0,000 nilai p-value (P
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
drg. Iman Supardan, M.Kes
|
---|---|
Pengarang |
Elisabet Bota - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425219107
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
IX + 46 hlm.; Bibl.; Ilus.; 29 cm
|
Dilihat sebanyak |
1611
|
Penerbit | Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG., 2020 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |