Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi D IV

PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH AKTIF DAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KPSP PADA KADER POSYANDU

XML

Perbedaan Pendidikan Kesehatan Metode Ceramah Aktif dan Pendidian Kesehatan Dengan Metode Buzz Group Terhadap Pengetahuan Tentang KPSP Pada Kader Posyandu
Halida Rachma Ningrum¹, Moh Ridwan², Moh Hanafi²
1) Mahasiswa Program Studi DIV Keperawatan Magelang
2) Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang
Koderesponden: Rachmahalida215@gmail.com
Latar Belakang: Anak merupakan aset yang berharga bagi masa depan bangsa, mereka sebagai tunas potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa. Kuesioner Skrining Perkembangan (KPSP) merupakan suatu pertanyaan singkat yang ditunjukan kepada orang tua dan dipergunakan sebagai alat untuk melakukan skrining pendahuluan perkembangan anak usia 3 hingga 72 Bulan. Pendidikan kesehatan tentang KPSP penting dilakukan kepada Kader Posyandu, dengan harapan agar kader melaksanakan deteksi tumbuh kembang dengan KPSP guna memantau perkembangan yang terjadi sehingga penyimpangan sekecil apapun dapat dideteksi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan metode ceramah aktif dan pendidikan kesehatan dengan metode Buzz Group terhadap pengetahuan Kader Posyandu Tentang KPSP
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Eksperimen Randomized Control Trial (RCT) dengan desain penelitian pre and post control Group Design yang mana penelitian ini melibatkan kelompok 1 (Kelompok pendidikan Kesehatan metode ceramah aktif) dan kelompok 2 (kelompok pendidikan kesehatan metode Buzz Group) . Tekhnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling
Hasil: Hasil uji posttest mann whitney menunjukkan nilai p = 0.533 (p> 0.05)
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah aktif dan pendidikan kesehatan dengan metode Buzz Group terhadap pengetahuan Kader posyandu tentang KPSP
Kata Kunci: Buzz Group, Ceramah aktif, KPSP, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan


Informasi Detail

Pernyataan Tanggungjawab
Maria Ulfah L. dan Moh Hanafi
Pengarang
HALIDA RACHMA NINGRUM - Pengarang Utama
NIM
P1337420715029
Bahasa
Indonesia
Deskripsi Fisik
-
Dilihat sebanyak
690
Penerbit Prodi DIV Keperawatan Magelang : Magelang.,
Edisi
Subjek
Klasifikasi
NONE

Lampiran Berkas

Citation
HALIDA RACHMA NINGRUM. (2019).PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH AKTIF DAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KPSP PADA KADER POSYANDU().Magelang:Prodi DIV Keperawatan Magelang

HALIDA RACHMA NINGRUM.PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH AKTIF DAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KPSP PADA KADER POSYANDU().Magelang:Prodi DIV Keperawatan Magelang,2019.Skripsi D IV

HALIDA RACHMA NINGRUM.PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH AKTIF DAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KPSP PADA KADER POSYANDU().Magelang:Prodi DIV Keperawatan Magelang,2019.Skripsi D IV

HALIDA RACHMA NINGRUM.PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN METODE CERAMAH AKTIF DAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KPSP PADA KADER POSYANDU().Magelang:Prodi DIV Keperawatan Magelang,2019.Skripsi D IV



Dirujuk oleh 0 dokumen