Tesis
SYIF’S DOLL SMART MODEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN STATUS DEBRIS INDEKS ANAK SEKOLAH DASAR
XMLLatar Belakang: Masa anak-anak adalah periode yang rentan terjadinya kerusakan gigi. Rendahnya perilaku pemeliharaan kebersihan gigi dapat menimbulkan masalah terhadap kesehatan gigi, faktor yang mempengaruhi karena sumber informasi yang kurang sehingga pentingnya dilaksanakan pendidikan kesehatan gigi. Pemilihan media dan metode yang kurang sesuai dengan minat anak menyebabkan hasil tidak tercapai secara optimal, diperlukan alternatif kegiatan kombinasi yang dapat dijadikan sebuah paket pendidikan kesehatan yaitu dengan syif’s doll smart model memberikan pembelajaran kepada anak melalui pendekatan guru.
Tujuan: Menghasilkan syif’s doll smart model sebagai upaya peningkatan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan status debris indeks anak sekolah dasar.
Metode: Research and Development/ (R&D), terdapat lima tahap penelitian: pengumpulan informasi, rancang bangun produk/model, validasi ahli dan revisi, uji coba produk/model (quasy experiment, pretest and posttest with control group design) serta hasil produk/model. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, syif’s doll smart model kelompok intervensi, penyuluhan kesehatan gigi menggunakan power point dan demonstrasi menggosok gigi kelompok kontrol. Data diuji menggunakan repeated measure anova, friedman, independen test, mann whitney.
Hasil: Hasil validitas ahli menunjukkan p-value 0,001 relevan sebagai model dan modul pendidikan kesehatan gigi pada anak sekolah dasar. Nilai pengetahuan, sikap, tindakan dan debris indeks anak terjadi perubahan signifikan p
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Dr. drg. Diyah Fatmasari, MDSc dan Tri Wiyatini, SKM, M.Kes (Epid)
|
---|---|
Pengarang |
SYIFA YULIA LESTARI - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337499917006
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xviii + 97 hlm.; Lamp.
|
Dilihat sebanyak |
923
|
Penerbit | Magister Terapan Kesehatan Terapis Gigi Dan Mulut : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG., 2019 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|