
Tugas Akhir DIII
SURVEY TINGKAT KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI PADA UKGS MANDIRI DI SD ANTONIUS 02 SEMARANG
XML
Pelayanan adalah upaya yang dilakukan perawat untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan pasien dengan jasa yang diberikan. Kepuasan adalah reaksi emosional terhadap kualitas pelayanan yang dirasakan. Kepuasan anak menjadi tolok ukur orang tua dalam melakukan perawatan di suatu pelayanan. Kunjungan pada UKGS Mandiri pada tahun 2017 – 2018 mengalami penurunan sejumlah 33% diduga berkaitan dengan respon orang tua murid. Suatu pelayanan dapat dikatakan baik ditentukan berdasarkan kenyataan apakah jasa yang diberikan perawat bisa memenuhi kebutuhan pasien, dengan menggunakan persepsi pasien tentang pelayanan yang diterima memuaskan atau mengecewakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan orang tua terhadap pelayanan kesehatan gigi di SD Antonius 02 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan cross sectional. Penelitian ini diberikan kepada orang tua SD Antonius 02 dengan jumlah sampel 49 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Analisa hasil dengan menggunakan distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan orang tua terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut sebanyak 93%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelayanan UKGS Mandiri di SD Antonius 02 baik sehingga orang tua merasa puas. Saran untuk UKGS Mandiri di SD Antonius 02 agar dapat mempertahankan kualitas pelayanan UKGS Mandiri.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Sukini, S.ST.M.HKes, dan Salikun S.Pd, M.Kes.
|
---|---|
Pengarang |
Safira Indah Sari - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425116014
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xii + 29
|
Dilihat sebanyak |
734
|
Penerbit | Prodi DIII Kesehatan Gigi POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Semarang., 2019 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|