
Tugas Akhir DIII
GAMBARAN PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP TINDAKAN PEMASANGAN GIGI TIRUAN PADA MASYARAKAT
XML
Salah satu hal yang mendorong masyarakat menggunakan jasa tukang gigi untuk memasang gigi tiruan adalah kurangnya pengetahuan tentang tenaga kesehatan yang kompeten dalam pelayanan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang pendidikan dan tingkat pengetahuan masyarakat terhadap tindakan pemasangan gigi tiruan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 49 responden yang memakai gigi tiruan. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan masyarakat tentang pemasangan gigi tiruan, tingkat pendidikan dan tempat pemasangan gigi tiruan. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling yaitu dengan mengambil kasus atau responden yang kebetulan ada atau tersedia. Penelitian ini disimpulkan dalam bentuk tabulasi.
Hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan responden tentang pemasangan gigi tiruan termasuk pada kategori sedang (55%), tingkat pendidikan responden terbanyak adalah pendidikan terakhir sekolah menengah (70%), dan tempat pemasangan gigi tiruan responden terbanyak pada tukang gigi (67%). Responden yang tingkat pengetahuan sedang lebih banyak memasang gigi tiruan pada tukang gigi, sementara responden yang tingkat pengetahuannya baik lebih banyak memasang gigi tiruan pada dokter gigi. Oleh karenanya diperlukan edukasi pada para pemakai gigi tiruan untuk memasang gigi tiruan pada tenaga kesehatan yang kompeten yaitu dokter gigi.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
NURUL AULIA ISTIQOMAH
|
---|---|
Pengarang |
NURUL AULIA ISTIQOMAH - Pengarang Utama
Bedjo Santoso - First Advisor Hermien Nugraheni - Second Advisor |
NIM |
P1337425116022
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
XI + 31 hlm.; Binl.; Ilus.; 29 cm.
|
Dilihat sebanyak |
893
|
Penerbit | Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG., 2019 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |