Skripsi D IV
PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA POP-UP BOOK DAN FLASH CARD TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA TUNA GRAHITA
XMLSebesar 74% penyandang disabilitas alami diskriminasi layanan dan informasi kesehatan reproduksi remaja. Kurangnya informasi pada remaja tunagrahita dapat menimbulkan perilaku seksual menyimpang. Tujuan : mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan dengan media pop-up book dan flash card terhadap tingkat pengetahuan perilaku seksual remaja tunagrahita.
Metode : quasi experiment dengan pre-test post-test design. Sampel penelitian sebanyak 20 responden kelompok bermedia pop-up book dengan simple random sampling dan 20 responden bermedia flash card dengan total sampling. Pemberian pendidikan kesehatan dilakukan selama 30-60 menit, pengambilan data pre-test selama 22 menit, dan post-test dilakukan pada hari selanjutnya selama 22 menit.
Hasil rata-rata nilai pada kelompok pop-up book meningkat dari 10,55 menjadi 11,95 dengan nilai p-value 0,000. Rata-rata nilai pada kelompok flash card meningkat dari 9,6 menjadi12,8 dengan nilai p-value 0,000. Hasil uji Mann Whitney 0,002.
Simpulan : ada perbedaan tingkat pengetahuan kedua kelompok. Media flash card lebih efektif dengan rerata kenaikan 3,2 poin dibandingkan media pop-up book dengan rerata kenaikan 1,4 poin.
Saran : Institusi pendidikan maupun kesehatan dapat dijadikan sumber referensi dalam penggunaan media pendidikan bagi tunagrahita.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Gisma Okvintia Laura Santi
|
---|---|
Pengarang | |
NIM |
P1337424415004
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
85 hal + 10 tabel + 2 gambar + 2 bagan + 21 lampir
|
Dilihat sebanyak |
1285
|
Penerbit | S1 Kebianan Semarang : POLTEKKES KEMENKES SEMARANG., 2019 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|