
Skripsi D IV
PENGARUH PERAN GURU DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN KEBERSIHAN MENSTRUASI
XML
PENGARUH PERAN GURU DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN KEBERSIHAN MENSTRUASI
Nunung Musrifah 1) Tuti Sukini 2) Arfiana 3)
ABSTRAK
Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah pengelolalaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi. Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih , dapat diganti sesering mungkin selama menstruasi, dan memiliki akses untuk pembuangan serta memiliki akses dalam kondisi yang nyaman dengan privasi yang terjaga serta dukungan dari teman sebayanya serta informasi dari guru terutama pada saat mengalami menstruasi di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh peran guru dan dukungan teman sebaya terhadap praktik manajemen kebersihan diri saat menstruasi.
Tempat penelitian SMA N 1 Magelang. Desain penelitian Cross Sectional dengan pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling total sampel berjumlah 86 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis statistik yang digunakan adalah Speraman’s rho.
Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil uji statistic dengan menggunkan spearman’s rho diperoleh p value peran guru 0,021 dan p value dukungan teman sebaya 0,048. Karena p value < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran guru dan dukungan teman sebaya terhadap praktik manajemen kebersihan menstruasi (MKM).
Kata Kunci : Peran Guu, Dukungan Teman Sebaya, Praktik Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)
1. Mahasiswi Program Studi Terapan Kebidanan
2. Dosen Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
3. Dosen Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Tuti Sukini S.SiT M.Kes
|
---|---|
Pengarang |
NUNUNG MUSRIFAH - Pengarang Utama
|
NIM | |
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
85 hal + 19 tabel + 9 lampiran
|
Dilihat sebanyak |
722
|
Penerbit | Prodi D IV Kebidanan Magelang : Magelang., 2019 |
---|---|
Edisi |
2019
|
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|