Skripsi D IV
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN YANG MENGGUNAKAN BPJS DAN PASIEN UMUM TERHADAP MUTU PELAYANAN PADA KLINIK PRIMADENTA UNGARAN
XMLMutu pelayanan kesehatan merupakan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan, sehingga menimbulkan kepuasan bagi setiap pasien. BPJS Kesehatan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan pasien umum terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang dilaksanakan di klinik Primadenta Ungaran .
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik , dan .menggunakan pendekatan cross sectional .Populasi dari penelitian ini 156 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 sampel , 24 sebagai responden pasien BPJS dan 24 responden pasien Umum yang diambil dengan teknik Sampling insidental. Analisis data dilakukan dengan analisis gap , dan menggunakan uji Mann - Whitney U Test untuk membedakan kedua kelompok.
Hasil uji statistik menunjukkan nilai p value 0.238 lebih dari 0.05 maka tidak ada perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan pasien umum pada Klinik Primadenta Ungaran. Nilai CSI(Customer Satisfaction Index) pasien BPJS 89.19 dan pasien umum 85.53 dalam kriteria sangat puas. Nilai kesenjangan pada pasien BPJS dan pasien umum hasilnya negatif .
Mutu pelayanan gigi dan mulut yang sudah sesuai dengan standar tetap di pertahankan dan lebih di optimalkan agar mencapai kepuasan pasien yang optimal .
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Dr. drg Lanny Sunarjo, MDSc , Dr drg Diyah Fatmasari, MDSc
|
---|---|
Pengarang |
ARLA ERIT SIKTIA CANA - Pengarang Utama
Lanny Sunarjo - First Advisor Diyah Fatmasari - Second Advisor Suwarsono - First Examiner |
NIM |
P1337425218069
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xiii, 32 hlm + 26 hlm
|
Dilihat sebanyak |
1261
|
Penerbit | : ., |
---|---|
Edisi |
2019
|
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|