
Skripsi D IV
EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN GIGI DENGAN METODE BERNYANYI DAN BERCERITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DI TK ABA 43 SEMARANG
XML
Salah satu upaya mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut adalah dengan cara memberikan pendidikan kesehatan gigi dan mulut melalui penyuluhan. Penyuluhan merupakan upaya preventif untuk meningkatkan pengetahuan pada anak. Dalam penyuluhan pemilihan metode yang tepat sangat membantu pencapaian usaha mengubah tingkah laku sasaran, seperti metode bernyanyi dan bercerita. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan gigi dengan metode bernyanyi dan bercerita terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi di TK ABA 43 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu menggunakan rancangan penelitian pretest-postest group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak TK ABA 43 Semarang berjumlah 36 anak yang diambil menggunakan teknik total sampling. Sampel kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 18 anak kelompok bernyanyi dan 18 anak kelompok bercerita. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon dan Mann-Whitney.
Hasil uji statistik dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan antara sebelum dan sesudah penyuluhan, nilai p value metode bernyanyi = 0.000 dan p value metode bercerita = 0.002. Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pendidikan kesehatan gigi dengan metode bernyanyi dan bercerita. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai p value = 0.301.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan kesehatan gigi dengan metode bernyanyi dan bercerita sama efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Dr. drg. Lanny Sunarjo, MDSc dan drg. Ani Subekti, MDSc
|
---|---|
Pengarang |
Mayrira Argi Sarasti - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425215024
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
xiii+52.;bibl.;Ilus.;29cm
|
Dilihat sebanyak |
936
|
Penerbit | Prodi D IV Keperawatan gigi Semarang : Semarang., 2019 |
---|---|
Edisi |
2019
|
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|