Skripsi D IV
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE MIND MAP TENTANG MENYIKAT GIGI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI SISWA KELAS V SDN JABUNGAN SEMARANG
XMLKesehatangigidanmulutmerupakansalahsatuindikatorkesehatanmasyarakat. Gangguankesehatangigidanmulutdisebabkanolehkebiasaananakmenggosokgigitidakteratur. Pendidikankesehatandapatdiberikanuntukmeningkatkanpengetahuananakdandapatmerubahperilakumenggosokgigipadaanak. Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhpembelajarandenganmetodemind maptentangmenyikatgigiterhadaptingkatpengetahuanmenyikatgigisiswakelas V SDN Jabungan Semarang
Penelitianinimenggunakanmetodepre-eksperimentaldenganrancanganone group pretest-posttest design.Jumlahsampel 22 orang denganteknik sampling yang digunakanadalahmetodetotal sampling. Instrumen yang digunakanadalahkuesioner. Data diuji. Analisis data yang digunakanadalahpaired t-test. HasilPretest menunjukkanpengetahuanmenyikatgigisebelumdiberipembelajarandenganmetodemind mapdengankategorikurang 68% dankategoribaik 5%. Sedangkanhasilujisetelahdiberipembelajarandenganmetodemind mapmenunjukkanpengetahuandengankategorikurangmengalamipenurunanmenjadi 36,5%, dankategoribaikmengalamipeningkatanmenjadi 36,5%.
HasilujiPaired t-Test didapatkanbahwa p-value = 0,000 sehinggaadanyapengaruhpembelajarandenganmetodemind maptentangmenyikatgigiterhadaptingkatpengetahuanmenyikatgigisiswakelas V SDN Jabungan Semarang. Berdasarkanhasilpenelitianbapak/ibu guru diharapkandapatmenerapkanmetodemind mapdalammemberikanpembelajarantentangkesehatanterkaitdengankesehatangigidanmulut
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Irmanita Wiradona, S.Si.T, M.Kes, Sukini, S.ST, M.HKes
|
---|---|
Pengarang |
Choirinnisa - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425214010
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
61 hlm + 9 tabel+ 3 gambar+ 11 lampiran + 21 cm +
|
Dilihat sebanyak |
516
|
Penerbit | Prodi DIV Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Poltelkkes Kememnkes Semarang., 2018 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
NONE
|