Tugas Akhir DIII
TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RSUD UNGARAN
XMLMutu pelayanan adalah kekan keseluruhan karakteristik jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan konsumen dan BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan, serta karepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien peserta BPJS teehadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSUD Ungaran.
Penelitian ini dilaksanakan di Poli Gigi RSUD Ungaran, Berdasarkan lima dimensi mutu pelayanan , diantaranya Jaminan, Pelayanan Medis, Daya tanggap, Kenyamanan dan Empati berdasarkan skala ordinal. Jenis penelitian yaitu diskriptif dengan jumlah sampel 50 orang. Subyek penelitian adalah seluruh pengunjung (pasien) peserta BPJS di poli Gigi RSUD Ungaran.
Hasil Penelitian menunjukkan kepuasan pasien terhadap dimensi jaminan sebesar 72% dengan katagori puas, pada dimensi pelayanan medis menunjukan 54% pasien merasa puas, pada dimensi kenyamanan 62% pasien puas, pada dimensi daya tanggap 28% pasien cukup puas, pada dimensi empati menunjukan 66% pasien merasa puas. Berdasarkan hasil penelitian tentang kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli Gigi RSUD Ungaran ditinjau dari lima dimensi mutu menunjukan bahwa pasien merasa puas terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli Gigi RSUD Ungaran.
Informasi Detail
Pernyataan Tanggungjawab |
Sariyem.S.Si.T.M.Kes dan Salikun S.Pd.M.Kes.
|
---|---|
Pengarang |
Dwi Kartiningsih - Pengarang Utama
|
NIM |
P1337425117093
|
Bahasa |
Indonesia
|
Deskripsi Fisik |
vi + 41 hlm.; Bibl.; Ilus.; 21 cm.
|
Dilihat sebanyak |
519
|
Penerbit | Prodi DIII Keperawatan Gigi Semarang POLTEKKES KEMENKES SEMARANG : Semarang., 2018 |
---|---|
Edisi | |
Subjek | |
Klasifikasi |
081
|